resolusi finansial 2018 - Kredivo

Punya Resolusi Finansial? Dijamin Gagal Kalau Masih Lakukan Hal ini

Tahun baru merupakan momentum bagi setiap orang untuk membuat resolusi baru. Mengatur keuangan termasuk salah satu yang sering ada dalam daftar resolusi. Dalam membuat resolusi, umumnya seseorang akan menetapkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Khusus untuk resolusi finansial, biasanya tujuan tersebut dapat berupa membeli kendaraan, membeli rumah, terbebas dari utang, atau mengunjungi destinasi baru.

Sayangnya, tak jarang resolusi tersebut hanya bertahan dalam beberapa bulan pertama. Banyak alasan yang membuat resolusi kerap jadi angan semata. Salah satunya karena resolusi finansial yang dibuat tidak spesifik dan tidak terukur. Maka dari itu, hindari resolusi yang terlalu umum dan ubah resolusi finansialmu mulai sekarang menjadi seperti berikut.

save-money-1

Don’t: Menabung

Do: Tentukan jumlah penghasilan yang disisihkan per bulan

Hampir setiap orang memiliki harapan untuk bisa menyisihkan uang. Bahkan menurut penelitian dari Fidelity New Year Financial Resolution, “menabung lebih banyak” menjadi salah satu resolusi keuangan yang paling populer. Sayangnya, banyak orang tidak tahu bagaimana cara menyisihkan penghasilan dan kemana harus menyimpannya.

Jika kamu benar-benar ingin mewujudkannya, kamu harus menetapkan berapa nominal yang akan ditabung. Awali dengan memotong 15% penghasilanmu untuk ditabung, jangan  menunggu sisanya di akhir bulan. Misalnya, penghasilan bulananmu sebesar Rp5 juta, maka idealnya kamu harus menyisihkan sejumlah Rp750 ribu per bulannya.

Resolusimu untuk bisa menabung lebih banyak akan terwujud jika kamu konsisten. Salah satu cara terbaik untuk merealisasikan target ini adalah dengan menggunakan tabungan rencana yang memiliki fasilitas autodebet, sehingga uang yang terdapat dalam rekeningmu akan secara otomatis dipotong dan disetor rutin pada tabungan rencana dalam jumlah dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan kata lain, tabungan rencana akan “memaksa” kamu untuk menabung.

Tantang dirimu! Tingkatkan target tabunganmu secara berkala. Jika pada 6 bulan pertama kamu hanya menyisihkan sebanyak 15% penghasilan, tingkatkan menjadi 20% pada bulan ke-7 dan seterusnya.

Baca juga: Berencana kredit HP online? Baca dulu tips-tipsnya disini

Baca Juga:  Lebih Seram dari Halloween, Ini 3 Masalah Keuangan yang Menghantui Milenial Indonesia

 

take-money-1

Don’t: Berhemat

Do: Batasi pengeluaran harian dalam jumlah tertentu

Selain menabung, berhemat juga sering masuk dalam daftar resolusi finansial. Memang, resolusi tersebut nggak terdengar buruk, tapi sebaiknya kamu lebih spesifik lagi.

Tentukan berapa nominal yang harus dipangkas, dan pilih pos pengeluaran mana yang harus dipotong. Coba evaluasi pengeluaran bulananmu di tahun sebelumnya, mana yang paling banyak membuatmu mengeluarkan bujet berlebih?

Misalnya pengeluaran makan kamu lebih besar dari yang seharusnya, maka mulai sekarang batasi pengeluaran makanmu, contohnya dengan menjatahi sebesar Rp50 ribu untuk satu hari.

Tantang dirimu! Supaya bisa lebih disiplin, gunakan cara yang lebih ekstrim lagi dengan membawa uang pas-pasan setiap bepergian.

 

money-1-1

Don’t: Berinvestasi

Do: Investasi dalam jumlah kecil namun sering

Bicara soal investasi, mungkin sebagian orang akan beranggapan bahwa hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang berduit, sehingga resolusi ini seringkali menjadi wacana semata. Padahal, pandangan tersebut salah besar karena investasi tidak semata-mata melalui properti, atau instrumen mahal lainnya. Banyak instrumen investasi yang tidak membutuhkan modal besar, seperti reksadana misalnya. Bahkan kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal Rp100 ribu saja.

Dalam berinvestasi, imbal tinggi berbanding lurus dengan risiko yang tinggi. Maka tentukan terlebih dahulu tujuan investasimu. Jika kamu berinvestasi untuk rencana pensiun 15-30 tahun ke depan, pilih yang berisiko tinggi seperti saham. Sebab, dalam jangka panjang, kenaikan harga saham akan tumbuh secara maksimal. Lain halnya jika tujuan investasimu berjangka pendek seperti untuk traveling, kamu bisa memilih reksadana.

Seperti halnya menabung, beberapa instrumen investasi juga memiliki fasilitas autodebet, contohnya reksadana. Supaya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan fasilitas autodebet yang disediakan oleh perusahaan sekuritas atau platform penjual reksadana. Tentukan lama waktu investasi dan jumlah setoran bulanan, lalu uang di rekening sumber akan terpotong secara otomatis tiap bulannya.

Tantang dirimu! Buka reksadana sekarang juga dan sisihkan 10% penghasilanmu dengan memanfaatkan fitur autodebet. Setelah 6 bulan, evaluasi produk finansial lain yang mungkin cocok untukmu.

 

Baca Juga:  7 Bisnis Sampingan Ini Bisa Hasilkan Uang Tambahan untuk Mahasiswa

kerja sampingan - Kredivo

Don’t: Punya banyak uang

Do: Cari pekerjaan sampingan atau mulai bisnis online

Siapa yang tidak mau jadi kaya raya? Tentunya semua orang mau hidup berkecukupan bahkan berlebih. Namun resolusi “memiliki banyak uang” terkesan terlalu naif, seakan-akan uang akan menghampiri sendiri tanpa usaha. Lakukan aksi nyata untuk mewujudkan resolusi tersebut. Pikirkan dari sekarang, kira-kira cara apa yang membuat pendapatanmu meningkat?

Apabila kamu adalah seorang karyawan, tentu kamu punya kewajiban untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Supaya bisa memiliki penghasilan tambahan tanpa ganggu kesibukan, kamu bisa mulai geluti beberapa pekerjaan sampingan yang hanya bermodalkan keahlian. Misalnya kamu jago menulis, cari lowongan sebagai penulis lepas. Apalagi saat ini banyak perusahaan start-up yang butuh penulis untuk konten website mereka. Makin banyak kesempatan untuk mendapatkan tambahan uang!

Bisnis online juga tidak kalah menguntungkan dan bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk kamu yang bekerja kantoran. Apabila kamu gemar memasak, tawarkan masakanmu lewat media sosial, atau kamu juga bisa menjadi reseller dengan menjual barang milik orang lain dan mengambil keuntungan.

Tantang dirimu! Beri target untuk dirimu sendiri. Misalnya kamu menargetkan untuk menghasilkan Rp1 juta per bulan, maka lakukan beberapa pekerjaan sampingan sekaligus mengasah keahlianmu.

Nah, itulah cara-cara yang lebih realistis untuk mewujudkan resolusi finansialmu tahun ini. Mewujudkan resolusi tentu bukan hal yang mudah, dibutuhkan niat yang besar dan tekad yang kuat untuk disiplin menjalankannya, namun bukan berarti resolusi di atas tidak mungkin terwujud. Sebab, tidak ada yang mustahil jika kamu benar-benar berusaha. Kali ini, jangan sampai resolusi finansialmu hanya menjadi wacana.

Selamat mewujudkan resolusi finansial tahun 2018!

Download aplikasi Kredivo sekarang dan manfaatkan keuntungan yang diberikan!

Baca Juga:  Yang Katanya Cinta Bola, Udah Tau 5 Fakta Piala Dunia Ini Belum?

 

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *