Cara Ampuh Tekan Pengeluaran Kamu Saat Musim Hujan Tiba

Menyiasati pengeluaran di musim hujan tak bisa dikatakan sama bila dibandingkan dengan musim kemarau. Maklum saja, cuaca yang tak ramah dan berbagai kondisi yang menyertainya membuat banyak orang jadi lebih rentan terhadap penyakit. Itulah sebabnya perlu dilakukan siasat yang berbeda agar performa tetap prima di musim ini.

Pasalnya, jika tak pandai-pandai mengatur strategi, Kamu bisa-bisa malah harus mengeluarkan lebih banyak biaya di musim hujan. Padahal, kalau tidak berhemat tentu bisa berbahaya untuk kesehatan finansialmu. Agar terhindar dari pemborosan yang masih bisa dihindari, ada baiknya Kamu “sedia payung sebelum hujan” untuk mengantisipasi berbagai pengeluaran tak terduga yang bisa saja terjadi.

Tetap Sehat dan Hemat Ketika Musim Hujan

Musim hujan identik datang membawa penyakit. Yang paling umum dialami kebanyakan orang adalah demam berdarah, batuk dan influenza. Padahal hal ini sebenarnya bisa diantisipasi sejak awal. Salah satu caranya antara lain seperti menjaga kondisi badan, membawa perlengkapan jas hujan, mantel dan payung, serta menambah suplemen makanan.

Selain penyakit, secara umum budgeting dan pengelolaan uang yang tepat mesti dilakukan dari sekarang bahkan sebelum musim hujan tiba. Persiapkan hal itu sejak awal. Karena tak peduli apapun musimnya, berhemat mesti tetap dijalankan. Selalu prioritaskan kesehatan pribadi dan jangan sampai urusan finansialmu jadi berantakan. Itulah sebabnya banyak orang yang menyiasati datangnya musim hujan dengan berbagai cara. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Rajin Olahraga dan Jaga Kesehatan

Salah satu trik untuk menjaga kesehatan adalah dengan rajin berolahraga. Kegiatan ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagimu jika Kamu tergolong malas melakukannya. Tapi Kamu bisa mencoba senam, jogging dan renang bersama sahabat dan keluarga agar kondisi tubuhmu tetap segar bugar bila memungkinkan. Apabila Kamu berlangganan sebagai anggota di pusat kebugaran ada baiknya kamu memanfaatkan fasilitas tersebut agar dapat berolahraga tanpa harus kehujanan.

Tambahkan susu dan suplemen makanan ke dalam menu makan sehari-hari. Sudah tentu harga multivitamin akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan menebus resep obat dan berobat ke dokter. Intinya adalah tetap sehat, jangan sampai sakit. Terutama jika Kamu tidak mempunyai asuransi kesehatan. Pastikan Kamu juga cukup tidur setiap hari agar Kamu mendapat waktu istirahat yang cukup dan tetap segar saat bekerja.

Jagalah kondisi kesehatanmu dan pastikan agar badan tetap bugar. Pasalnya, bekerja saat sedang sakit tentu tak enak dan tak nyaman. Tak hanya konsentrasi saja yang terganggu, badan pun terasa lemah. Alhasil, kinerjamu menurun. Hal ini tentu berdampak pada hasil kerjamu yang jadi kurang maksimal dan lebih lambat selesai.

  1. Lebih Awal Berangkat Kerja

Biasakan berangkat kerja lebih awal. Kondisi lalu lintas bisa jadi lebih macet saat musim hujan. Pasalnya, banjir yang atau genangan air bisa terjadi di beberapa titik dan ruas jalan. Saat Kamu terjebak macet, tentu konsumsi bahan bakar kendaraanmu akan jadi lebih banyak. Itulah sebabnya sebisa mungkin Kamu harus menghindari kemacetan. Sebagai alternatif, coba gunakan kendaraan umum dan hindari transportasi online supaya lebih hemat jika Kamu mampu berangkat lebih pagi.

  1. Siap Sedia Perlengkapan Hujan

Ini mungkin akan sedikit membuatmu lebih repot. Tapi selalu siap sedia perlengkapan hujan bisa membuatmu terhindarkan dari pengeluaran yang bengkak. Selalu bawa mantel, jas hujan, sarung tangan dan payung. Terutama jika Kamu mengandalkan motor untuk pulang pergi ke kantor.

Selain berguna untuk membuat tubuhmu tetap hangat dan terhindar dari masuk angin, Kamu pun bisa mengurangi pengeluaran tak perlu seperti membeli jas hujan lagi karena jas hujanmu ketinggalan. Persiapkan sebelum berangkat dan selalu kembali letakkan di tempat yang sama setelah digunakan. Semakin rapi dan terorganisir caramu, semakin teratur pula waktu dan keuanganmu.

  1. Hindari Menerobos Banjir

Hindari menerobos banjir di jalan karena tindakan ini bisa menimbulkan kerusakan bagi kendaraanmu. Terlepas dari kendaraan apapun yang Kamu gunakan baik motor maupun mobil, ingatlah bahwa tidak semua asuransi kendaraan bersedia meng-cover kerugian yang diakibatkan oleh banjir. Akali dengan cara lain, seperti menunggu hujan reda dan banjir surut. Atau, Kamu bisa temukan jalan alternatif lain agar sampai dengan selamat ke tempat tujuan.

Jika Kamu termasuk orang yang tak sabaran dan ingin efisiensi waktu, Kamu bisa menggunakan transportasi umum selama musim hujan. Dengan begitu, Kamu tak perlu kebasahan dan masih bisa menerobos hujan atau banjir bila memang sedang bergegas dan diperlukan.

  1. Bekal Makanan dari Rumah

Saat musim pancaroba, kekebalan tubuh perlu dijaga dan ditingkatkan. Selain istirahat yang cukup dan luangkan waktu untuk berolahraga, Kamu perlu menjaga asupan gizi dan nutrisimu. Singkatnya adalah banyak makan. Agar pengeluaran bisa lebih hemat dan tetap terkontrol, Kamu bisa menyiasatinya dengan cara membawa bekal makanan dari rumah.

Selain lebih sehat dan terjaga kebersihannya, Kamu bisa membawa makanan yang sesuai seleramu dan tetap kenyang meski tanpa makanan yang harganya lebih mahal. Makanan yang harganya lebih mahal belum tentu mengandung asupan gizi yang lebih tinggi dan lebih baik. Tapi dengan membawa bekal, Kamu bisa memastikan asupan gizimu lebih baik dan tetap hemat di saat yang bersamaan.

Biasakan untuk Selalu Menjaga Kesehatan dan Berhemat

Demikianlah beberapa cara ampuh yang bisa Kamu lakukan untuk menekan pengeluaranmu di musim penghujan. Biasakan diri agar selalu menjaga kesehatan dan hindari aktivitas di luar ruangan supaya kamu tetap sehat. Terapkan juga pola hidup hemat setiap hari agar keuangan kamu tetap terjaga. Selamat mencoba!

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kredivo dan Cermati. 

Share this article