Panduan merayakan hari Valentine buat para jomblowan dan jomblowati

Selamat hari Valentine untuk yang merayakan. Selamat hari Jumat untuk kamu yang malas merayakan Valentine. Bukan cuma karena jomblo, tapi juga karena merasa itu bukan budaya Indonesia, atau memang malas ikut serta dalam ajang tahunan yang begitu-begitu saja.

Setiap tahun, pembahasan soal penting tidaknya merayakan hari Valentine itu sangat menarik untuk dibicarakan. Ditambah lagi jempol jomblowan dan jomblowati yang pasti akan mengeluh, menyindir hingga mengomentari para pasangan yang sedang dimabuk asmara hari ini. Padahal jauh di dalam lubuk hati, para tuna asmara ini hanya rindu merasakan hangatnya suara di ujung telepon, dering notifikasi dan gemericik kupu-kupu di dalam perut. 

Daripada sambat tentang hari ini, lebih baik kamu, para jomblowan dan jomblowati juga merayakan hari hari kasih sayang dengan lebih mengapresiasi orang sekitar yang sudah sayang sama kamu dan orang yang butuh kasih sayang. Apa saja? Mari simak ulasan berikut.

 

1. Merawat Diri

Love yourself. Kalau gak sayang dengan diri sendiri, gimana bisa ngasih kasih sayang kepada orang lain coba? Jadi, sayangilah dulu diri sendiri dengan merawat diri. Kalau diri sendiri sudah terawat dengan belanja baju baru atau memanjakan diri ke salon. Siapa tahu setelah merawat diri baru ada yang kecantol?  

2. Berolahraga

Selain merawat diri, bentuk mencintai diri sendiri juga bisa dengan berolahraga. Seperti pepatah yang mengatakan, mens sana in corpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

Bukan makin kuat menjomblo ya, atau lebih kuat menghadapi cobaan hidup, tetapi jiwa kita lebih terlihat positif bila rajin berolahraga. Selain itu, siapa sih yang gak suka punya pasangan yang sehat dan mempunyai jiwa yang positif? Love yourself, first!

3. Memberi Tanda Sayang ke Keluarga 

Terkadang, kita melupakan orang terdekat seperti keluarga yang setiap hari bertemu di rumah. Padahal, keluarga adalah orang nomor satu yang memberikan perhatian tulus dan lebih tanpa mengharapkan imbalan. 

Cobalah untuk mengadakan makan malam yang spesial di rumah atau memberikan kado ke orang tua dan saudara di rumah. Utarakan rasa sayang kamu kepada mereka dengan memberikan kartu ucapan atau sekadar mengobrol santai agar suasana di rumah semakin hangat.

4. Ajak Teman untuk Berkumpul

Ini berlaku untuk orang yang mempunyai teman seperjuangan yang jomblo juga. Coba deh ajak kumpul buat sekadar ngopi bareng atau karaoke. Kalau kamu punya banyak teman yang jomblo, coba bikin pesta kecil-kecilan biar Valentine sedikit meriah walaupun gak punya pasangan. Kali aja, teman kamu bawa teman cowok/ceweknya untuk diajak berkenalan dan bisa membuka peluang buat jadi pasangan kamu.

5. Berbagi Kepada yang Tidak Mampu

Bila semua teman sudah punya pasangan dan kamu sendirian di hari Valentine, cobalah untuk menyebarkan kasih sayang yang sesungguhnya kepada orang yang membutuhkan. Tidak perlu juga berupa uang, kamu bisa memberikan baju bekas ke panti asuhan atau mengajak main dan belajar anak-anak down syndrome. Cara ini bisa mengajarkan kamu apa itu arti sayang yang sesungguhnya. 

Nah, itulah tips kegiatan yang bisa dilakukan para jomblowan dan jomblowati lakukan ketika merayakan hari Valentine. Jadi, jangan sedih karena teringat tahun lalu Valentine bareng pasangan atau malah mengomentari pasangan-pasangan yang update dinner di social media. Memberikan kasih sayang bukan cuma sama pasangan kok, masih banyak cara lainnya.

 

Baca Juga:  3 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Bikin Irit Namun Sering Dilupakan

Selamat mencoba, Kredipal!

Share this article