road trip akhir tahun

Road Trip Adalah Jalan Ninja agar Traveling Akhir Tahun jadi Lebih Hemat

Jika kamu baru mau merencanakan liburan akhir tahun di tanggal-tanggal seperti sekarang, pasti harga tiket pesawat, atau kereta sudah terlanjur mahal. Oleh karena itu, road trip atau perjalanan darat menggunakan mobil atau motor bisa jadi jalan ninja kamu supaya bisa traveling tanpa bikin kantong kering.

Apalagi kalau kamu memanfaatkan promo Kesamber 12.12 dari Kredivo, kamu akan ketinggalan promo cicilan 0% untuk tenor 6 bulan, serta gratis 1 bulan cicilan untuk tenor 12 bulan.

Kamu bisa memanfaatkan promo Kesamber dari Kredivo untuk memesan hotel, mengganti bagian mobil atau motor seperti ban, atau persiapan perjalanan lainnya, di Tiket.com, Pegipegi, Tokopedia, Bukalapak, hingga toko offline seperti Ottoban dan Sakura Motor. Road trip akhir tahun kamu jadi lebih hemat, dan #Sefleksibelitu.

Namun, jika kamu jalan tanpa rencana dengan matang, road trip kamu bisa boros juga, Kredipal. Oleh karena itu, agar perjalanan berjalan sesuai rencana dan tidak bikin kantong kering, lebih baik simak tips berikut:

Wajib Budgeting Agar Makin Hemat

Nah, ini adalah hal yang harus kamu lakukan pertama. Sebab, ketika sedang budgeting kamu sudah menentukan destinasi liburanmu. Dengan begini, semua baru bisa dihitung, mulai dari bensin, bayar tol, penginapan, dan lain sebagainya.

Kamu juga harus patuh terhadap anggaran yang sudah ditetapkan di awal. Jangan tiba-tiba BM (banyak mau) melancong ke sana ke mari. Tak apa kalau destinasi wisatanya gratis, kalau bayar, bisa-bisa perjalanan kamu jadi lebih mahal lagi.

Namun, ketika kamu budgeting jangan terlalu pas-pasan juga, ya. Pasti ada saja pengeluaran tidak terduga yang meleset dari anggaran. Contohnya, ban bocor sehingga harus tambal ban, atau sekecil ingin mampir sana-sini, untuk sekedar membeli gorengan atau makanan khas daerah tempat kamu berhenti.

Baca Juga:  Lawakan-lawakan pada Bulan Puasa yang Selalu Hadir Menemani Recehnya Warga +62

Bisa Bawa Bekal dari Rumah

Nah, ini adalah kelebihan lainnya yang bisa kamu saat road trip akhir tahun. Kamu bisa dengan bebas membawa bekal makanan apapun dari rumah. Mulai dari mie instan, sosis, nugget, hingga bekal para anak rantau, yaitu rendang.

Dengan membawa bekal, kamu jadi tidak sering makan di luar selama perjalanan. Jadi, perjalanan road trip bisa semakin hemat, deh!

Makin Ramai, Makin Hemat

Kebutuhan perjalanan utama ketika kamu road trip adalah bensin, tol, penginapan dan makan. Nah, jika anggaran ini kamu bagi ke 4 atau 6 orang, sudah pasti lebih ringan kan? Belum lagi biaya service mobil sebelum berangkat, jika dibagi ke lebih banyak orang, pastinya akan terasa ringan.

Oleh karena itu, cobalah ajak teman-teman atau keluarga kamu untuk ikut road trip bersama. Dikarenakan ini menjadi perjalanan teman-teman juga, pastikan juga untuk berdiskusi soal destinasi pilihan masing-masing orang, agar semua senang, semua menang.

Pilih Kendaraan yang Irit

Dikarenakan harga BBM baru saja naik, alangkah baiknya jika Anda menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar. Jika kamu ingin jalan berdua saja dan destinasi yang dipilih tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, tidak ada salahnya memilih motor dibanding mobil.

Jika kamu ternyata jalan bersama teman-teman, cobalah untuk berdiskusi bersama untuk menentukan pilihan mobil mana yang paling irit bahan bakar.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa keadaan kendaraan sebelum pergi, seperti ganti oli, ban kendaraan, hingga membawa ban serep. Jadi, bisa mencegah hal yang tidak diinginkan selama melakukan traveling.

Selamat mencoba, Kredipal!

Share this article