Belanja Online itu Seru, Kecuali Kalau Barang yang Dibeli Jauh dari Ekspektasi

Gak ada yang memungkiri kalau belanja itu emang seru banget. Bahkan banyak riset yang membuktikan kalau belanja itu bikin bahagia (apalagi kalau sultan yang belanja tinggal tunjuk langsung beli tanpa lihat harga terlebih dahulu), belanja sudah jadi resep banyak orang untuk meredakan stress, mengisi waktu luang dan lain sebagainya.

Apalagi kalau belanja online, enak, praktis dan mudah banget. Bisa aja lagi rebahan di rumah, iseng-iseng scrolling e-commerce, tiba-tiba udah 15 barang aja dimasukin ke troli belanja. Mulai dari yang penting, seperti sampai yang nggak penting. Tiba-tiba 1 sampai 3 hari kemudian udah ada yang teriak,”pakeeeettt” di depan rumah.

Ya, meski mudah dan seru banget, belanja online kadang bisa jadi bumerang kita semua. Apalagi kalau kamu tidak hati-hati dan teliti, yang ada bisa bikin kamu apes sendiri. Terkadang kita sudah teliti, eh penjualnya mengirim barang yang salah. Alhasil keseruan belanja online dibalas dengan jauhnya ekspektasi ketika kita melihat barang ketika sudah sampai.

Selama masih bisa dipakai sih, sebenarnya nggak masalah ya. Tapi bagaimana kalau barang yang dateng jauh banget-bangetan sama ekspektasi kita seperti di bawah ini. Kira-kira masih bisa dipakai gak, ya?

Ini Masker atau Face Shield?

Source: Twitter/@txtdarionlshop

Coba kamu bayangin, ketika awal-awal pandemi dimana masker dan hand sanitizer sedang susah-susahnya di pasaran, dan kamu membeli masker kain yang ada di e-commerce setelah barangnya sampai, eh.. hasilnya seperti ini. Mau marah takut dosa, mau komplain tapi harganya cuma Rp5 ribu aja.

Kalau lagi begini, yang harus kamu lakukan sebaiknya memberikan masukan pada penjual ini. Bilang kalau ukuran masker yang benar itu berapa cm lebar dan tingginya. Mudah-mudahan penjual masker ini sudah taubat dan sudah membuat masker kain dengan komposisi yang pas, deh.

Baca Juga:  Walaupun hati tidak tenang lebih baik #TakPulangUntukMenang

Celana yang Kelewatan Panjangnya

Source: Twitter/@georgeriggall

Kamu pernah gak sih, membeli celana, baju atau barang fashion lainnya yang kamu pikir, kamu bisa menggunakannya langsung pada malam minggu atau ketika masuk kantor? Bayangin, kalau kamu berniat seperti itu, tiba-tiba barang yang datang seperti gambar di atas? Sebel, ngakak, sedih, semua pasti bercampur jadi satu.

Tapi, untungnya celana ini masih bisa digunakan, sih. Dengan kekuatan abang-abang tukang jahit celana kepanjangan atau kebesaran juga bisa jadi pas di kaki kamu.

Pengen Komplain tapi Ngakak

Source: Twitter/@txtdarionlshop

Kasihan banget orang yang order ini, pasti dia gak sampai hati buat marah. Mau pesan yang warna putih, dikasih warna hijau, pas dibuka bajunya kayak mau terjun bebas dari atas langit. Bahkan kekuatan abang-abang tukang jahit pun belum tentu bisa memperbaiki ukuran ini.

Kira-kira barangnya bakal berguna jadi apa ya? Sarung motor mungkin? Atau di potong kecil-kecil jadi lap kain basah buat dapur?

Earphone atau Shower?

Source: Twitter/@taula_

Mungkin reaksi orang ini biasa saja ketika membuka paket yang sudah sampai di rumah. Namun, ketika membuka box-nya, bisa terkaget-kaget. Pasalnya ia membeli earphone, yang biasanya kecil sekali, ternyata yang ia dapat 1 buah speaker besar berbentuk earphone.

Malah speaker tersebut lebih mirip shower untuk mandi. Apa mirip hair dryer? Apapun itu, setidaknya ibu ini bisa membawa speaker tersebut untuk mencairkan suasana ketika sedang ada kumpul-kumpul di rumah teman.

Sebenarnya masih banyak lagi kasus-kasus orang yang belanja online, tapi barang yang dibeli jauh dari ekspektasi. Teruntuk kamu yang ingin terhindar dari hal ini, lebih baik teliti terlebih dahulu sebelum belanja. Pastikan toko atau penjualnya itu sudah mendapatkan banyak rekomendasi dari testimoni pembeli, pastikan juga kamu membaca seluruh deskripsi barang sebelum melanjutkan pembayaran.

Baca Juga:  Puas Liburan Akhir Tahun Meski Bujet Minim dan Waktu Mepet, Ini 5 Rahasianya

Nah, kalau buat kamu yang mau belanja barang incaran maupun kebutuhan, tetapi gak mau ngerusak cash flow bulanan, jangan malah belanja barang yang kualitasnya setengah-setengah, nanti hasilnya kayak kejadian di atas. Mendingan pakai Kredivo aja. Bisa dicicil hingga 12 bulan dan bunganya rendah, cuma 2,6% per bulan.

Share this article