piala dunia _ Kredivo

Yang Katanya Cinta Bola, Udah Tau 5 Fakta Piala Dunia Ini Belum?

Acara kompetisi sepak bola terbesar sejagat raya, Piala Dunia, akhirnya kembali digelar. Sejumlah pertandingan pun telah bergulir sejak 14 Juni 2018 lalu di Rusia. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pergelaran sepak bola empat tahunan yang diselenggarakan FIFA ini akan berlangsung selama sebulan penuh hingga 15 Juli 2018 mendatang.

Euforia turnamen akbar tersebut juga gak cuma dirasakan oleh pecinta bola saja. Mungkin kamu yang sebelumnya gak begitu suka bola kini juga ikut merayakan kemeriahan Piala Dunia 2018, atau bahkan sudah memiliki nama-nama tim jagoan yang kamu harap akan menjadi pemenangnya. Terlepas dari itu semua, tentu semarak Piala Dunia bisa menjadi lebih lengkap jika kamu tahu fakta-fakta unik di balik pertandingan sepak bola terbesar seantero dunia ini. Yuk, disimak!

Pertama kali diselenggarakan di Eropa Timur

Sepanjang sejarah, Benua Eropa telah 10 kali menjadi penyelenggara. Namun, selama ini pertandingan hanya digelar di negara-negara Eropa Barat dan Eropa Selatan. Dengan terpilihnya Rusia sebagai tuan rumah, inilah kali pertama Piala Dunia digelar di Eropa Timur.

Jarak antar stadion seperti berangkat dari Moskow ke London

Rusia telah menyiapkan 12 stadion yang tersebar di 11 kota sebagai tempat bertanding negara-negara di dunia untuk meraih piala FIFA World Cup. Mengingat Rusia adalah negara terbesar di dunia dengan luas wilayah hingga 17,1 juta kilometer, gak heran jika jarak antar stadion terbilang sangat jauh. Salah satunya adalah stadion Ekaterinburg yang terletak di kota paling timur, dan stadion Kaliningrad di kota paling barat. Untuk menuju Ekaterinburg ke Kaliningrad atau sebaliknya, kamu harus menempuh jarak 2.415 kilometer. Sebagai perbandingan, jarak tersebut sama dengan jarak dari Moskow ke London!

Rusia bebaskan visa dan berikan transportasi gratis bagi penonton

Baca Juga:  Banyak yang Masih Keliru, Ini Cara Hitung dan Bayar Zakat Ramadan yang Tepat

Dalam rangka mendukung pergelaran Piala Dunia, Rusia membebaskan visa untuk pemegang tiket pertandingan yang sudah membuat kartu pengenal bernama FAN ID. FAN ID bisa menekan kocek para pecinta bola yang berkunjung ke Rusia, mengingat harga tiket satu pertandingannya sendiri sudah memakan dana hingga Rp 15 juta. Gak cuma dibebaskan dari visa, pemilik FAN ID juga diberikan berbagai fasilitas gratis berupa transportasi kereta api, kapal mewah, hingga bus untuk mengakses seluruh kota. Mereka menyediakan rute khusus yang menghubungkan lokasi-lokasi populer menuju stadion. Untuk bisa menikmati transportasi gratis ini, kamu harus mendaftarkan diri di situs yang disediakan FIFA, dan memesan bangku terlebih dahulu.

Debut piala dunia pemain Mesir di usia 45 tahun

Jika biasanya pemain sepak bola sudah memutuskan untuk pensiun di rentang usia 35 tahun ke atas, di Piala Dunia kali ini ada yang berbeda. Penjaga gawang dari negara Mesir Essam El-Hadary justru baru memulai debut Piala Dunia di usia 45 tahun. Karena hal tersebut, ia menyandang status sebagai pemain tertua sepanjang sejarah ajang ini. Di Piala Dunia 2014, status ini disandang oleh penjaga gawang asal Kolombia, Faryd Mondragon, yang berusia 43 tahun kala bertanding di Brazil.

Menjadi tuan rumah piala dunia bisa bikin miskin negara

Studi dari Eurobarometer menunjukkan jika menjadi tuan rumah Piala Dunia tak membuat negara bertambah kaya, malah membuat anggaran sebuah negara jadi membengkak. Piala Dunia di Rusia sendiri memakai 12 stadion di 11 kota dan memakan total biaya penyelenggaraan sebesar 11,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 165 triliun. Para peneliti menganggap bahwa anggaran tersebut terlampau tinggi dan sebenarnya bisa dikurangi. Namun hal ini tetap terjadi karena pihak pengembang sering menaikkan harga karena tahu bahwa pemerintah akan tetap mendukung dan membayar mereka.

Fakta-fakta ini tentu akan terus bertambah seiring dengan kejadian yang berlangsung sepanjang perjalanan Piala Dunia 2018. Jangan sampai melewatkan momen bersejarah ini, dan tonton terus setiap pertandingannya melalui saluran TV atau streaming di smartphone-mu. Gak punya TV atau smartphone dengan dukungan HD? Saatnya membeli TV dan smartphone baru dengan memanfaatkan fasilitas cicilan Kredivo. Ciptakan juga suasana nonton bola selayaknya nonton langsung di Rusia dengan menggunakan atribut Piala Dunia. Pakai Kredivo, beli perlengkapan sekarang buat nonton Piala Dunia, bayarnya nanti!

 

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *