2 Kebiasaan yang Perlu Dibuang Agar Lebih Sukses di Dunia Kerja

Sebagai pribadi dewasa, bergelut di dunia kerja untuk mencari nafkah dan menimba pengalaman adalah hal umum yang dilakukan oleh banyak orang. Setelah melewati masa-masa pendidikan di universitas selama beberapa tahun, rasanya memasuki dunia kerja merupakan sebuah langkah umum untuk mendapatkan masa depan yang lebih terjamin.

Bekerja untuk Memenuhi Kebutuhan

Seiring dengan perkembangan zaman, tingkat kebutuhan manusia juga semakin meningkat setiap harinya. Mulai dari pemenuhan kebutuhan pribadi sampai dengan kebutuhan bersama. Kebutuhan pribadi tentu saja meliputi membiayai diri sendiri seperti membayar cicilan kartu kredit, tempat tinggal, kredit kebutuhan lain, sampai memiliki tabungan untuk masa depan. Sedangkan untuk kebutuhan bersama, meliputi pembiayaan keluarga seperti asuransi pendidikan anak, asuransi kesehatan, sampai membiayai orang tua dan keluarga.

Karena hal-hal tersebut, penting rasanya kita sebagai pribadi dewasa agar bisa memilih pekerjaan yang tepat yang bisa membiayai berbagai kebutuhan tersebut. Untuk kamu yang sudah bekerja juga perlu secara konsisten memberikan performa yang baik agar bisa melaju ke jenjang karir yang lebih tinggi agar bisa menambah jumlah tabungan dan memastikan kebutuhan lebih cepat terpenuhi.

Agar bisa cepat sukses di dunia kerja, kita pastinya perlu mengembangkan berbagai mindset atau pola pikir positif agar bisa selalu fokus dan berusaha memberikan performa terbaik setiap saat. Namun, sebagai manusia terkadang kita terkadang masih melakukan berbagai kebiasaan kecil yang justru membuat karir kita tersendat. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang perlu kamu hentikan supaya karir kamu bisa makin cepat naik.

  1. Sering Terlambat Datang ke Kantor 

Kebiasaan datang tidak tepat waktu bisa membuat kamu bekerja kurang efektif karena kurangnya jam kerja di kantor. Bahkan bisa membuat kamu bekerja lebih atau lembur karena harus mengejar ketinggalan.

Baca Juga:  3 Kriteria Tempat Kerja yang Harus Diperhatikan Biar Lebih Betah Bekerja

Kebiasaan datang siang hari ke tempat kerja biasanya adalah hal yang buruk. Selain mengurangi produktivitas di kantor, kamu juga jadi perlu mengejar ketinggalan karena pekerjaan yang belum selesai. Walaupun sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan flexible working hour seperti di perusahaan-perusahaan startup, kita masih perlu membiasakan diri untuk datang di jam kerja normal.

Di berbagai perusahaan startup yang identik dengan karyawan-karyawan generasi millenial, biasanya masih menghitung jam kerja sesuai dengan jam kerja normal yaitu 8 jam kerja (40 jam seminggu). Misalnya kamu datang jam 8 pagi, maka kamu bisa pulang kerja jam 5 sore. Sedangkan apabila kamu datang jam 10 kamu harus pulang jam 7 malam.

Walaupun jam kerjanya fleksibel, kamu masih tetap harus memenuhi kuota jam kerja selama seminggu yang tentu bisa semakin malam apabila kamu datang semakin siang. Karena itu, datang ke tempat kerja lebih awal bisa jadi solusi agar jam kerja selama seminggu lebih cepat terpenuhi dan kamu bisa pulang lebih tepat waktu.

Mengembangkan kebiasaan on time ini bisa berdampak positif pada kehidupan kita. Selain bisa pulang kerja lebih pagi atau tepat waktu, kita juga ikut membiasakan diri menjadi pribadi yang selalu menepati janji. Apabila kamu yang masih memanfaatkan jam kerja fleksibel untuk datang siang, sebaiknya mulai ubah kebiasaan ini agar lebih produktif ya.

  1. Memilih-Milih Pergaulan

Di tempat kerja, ada baiknya kita selalu menjaga hubungan baik antar rekan kerja. Hal ini juga tentu berlaku untuk kita yang terlalu pemilih saat mencari teman di lingkungan kantor.

Membatasi pergaulan memang bukanlah hal yang salah, namun cobalah untuk memperluas jaringan sosial kamu di kantor lewat bergaul dengan siapa saja. Hal ini tentu tidak buruk, selain bisa memperluas jaringan pergaulan, kamu juga bisa belajar banyak dari orang-orang yang mengerjakan hal yang berbeda di kantor.

Baca Juga:  3 Gejala Umum yang Menandakan Kamu Harus Segera Resign dari Pekerjaanmu

Kamu juga jadi bisa tahu apa yang mereka kerjakan dan apa prestasi mereka di kantor. Jadikan hal ini sebagai bahan pembelajaran agar kamu bisa jadi pribadi yang lebih baik saat bekerja. Tidak perlu takut bergaul dengan atasan atau senior yang lebih berpengalaman. Mungkin saja mereka malah bisa mengajarkan kita cara untuk bekerja lebih baik atau bisa membantu kita menyelesaikan masalah kerja yang belum ditemukan solusinya.

Memilih orang yang tepat untuk dijadikan teman itu penting. Akan tetapi, kita juga perlu mengingat bahwa semakin banyak ikatan sosial yang kita bangun akan berdampak positif pada kemajuan karir kita di masa depan.

Bekerja dengan Mindset Positif

Apapun pekerjaan yang kamu lakukan, ada baiknya agar selalu menjalaninya dengan pikiran yang positif dan matang. Buang jauh-jauh berbagai kebiasaan buruk yang bisa menghambat kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan lakukan kebiasaan positif secara konsisten. Setiap lingkungan kerja pasti membutuhkan orang-orang yang positif dan bisa diandalkan. Perluas jaringan sosial dan selesaikan pekerjaan dengan tepat waktu lewat manajemen waktu yang baik. Salam sukses!

 

Share this article