3 Tips Jitu Supaya Pengajuan Kredivo Disetujui

“Kenapa ya pengajuan Kredivo saya ditolak? Gimana caranya supaya pengajuan saya disetujui?” Pertanyaan tersebut cukup sering dilontarkan oleh Kredipal di media sosial Kredivo. Untuk menjawabnya, kami akan menjelaskan secara rinci penyebab pendaftaranmu bisa ditolak, dan cara tepat supaya pengajuan Kredivo-mu disetujui!

Fasilitas kredit online yang diberikan oleh Kredivo memang menawarkan proses pendaftaran yang lebih cepat dan mudah dibandingkan kredit konvensional. Tapi, bukan berarti setiap pengajuan akan selalu disetujui. Ada beberapa hal yang membuat aplikasimu ditolak, salah satunya adalah tidak memenuhi persyaratan, atau dokumen yang diunggah kurang lengkap. Untuk itu sebelum mendaftar, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa hal ini.

Pastikan pengajuanmu sudah memenuhi syarat

Persyaratan yang belum terpenuhi seringkali menjadi penyebab utama pengajuan seseorang ditolak, khususnya untuk persyaratan domisili. Saat ini, layanan Kredivo sudah meliputi 13 wilayah. Kredipal yang mau mendaftar, harus berdomisili di salah satu dari kota-kota tersebut. Apabila alamat di KTP-mu berbeda dengan domisili sekarang, kamu tetap bisa mendaftar Kredivo selama tempat tinggalmu saat ini ada di kota yang disebutkan di atas. Buat kamu yang belum tahu syarat-syarat pendaftaran Kredivo, berikut lengkapnya:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makasar, Yogyakarta, Solo, Cirebon & Sukabumi
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan

Ketepatan dokumen dan data tak kalah penting

Kredivo dan kebanyakan fintech lainnya, mengandalkan data digital untuk mengukur risiko kredit pendaftar. Lain halnya dengan kredit konvensional yang mengharuskan pendaftar menyertakan dokumen, yang kemudian akan diverifikasi oleh para analis di kantor. Tapi, lain halnya dengan kredit online yang melakukan proses verifikasi melalui serba online. 

Seperti proses pengajuan Kredivo, yang mengharuskan kamu mengunggah dokumen dalam bentuk foto, atau menyambungkan sejumlah akun digital seperti akun media sosial, dan akun e-commerce. Untuk itu, hindari kesalahan kecil namun fatal yang masih sering dilakukan. Misalnya kualitas foto dokumen tidak terlihat jelas hingga sulit terbaca. Ketepatan data pada sejumlah akun yang disambungkan juga penting, jangan sampai kamu menyambungkan akun e-commerce yang alamatnya tidak tercover layanan Kredivo.

Perhatikan juga slip gaji dan arus keuangan

Selain domisili dan usia, jumlah gaji juga menjadi salah satu persyaratan pendaftaran Kredivo. Ketika kamu melampirkan slip gaji atau menyambungkan internet banking, pastikan pendapatan bulanan kamu paling tidak sebesar Rp 3 juta. Meskipun Kredivo menetapkan pendapatan minimum, bukan berarti orang yang mendaftar harus kerja kantoran dan punya gaji bulanan.

Para entrepreneur atau pekerja lepas juga bisa mendaftar, asal penghasilan bulanan yang terekam pada rekening yang disambungkan memenuhi syarat minimal. Semakin tinggi penghasilan, semakin banyak pula peluangmu untuk mendapatkan limit besar.

Selain rekam penghasilan, cash flow yang sehat dan bebas dari utang juga tak kalah penting. Ketika kamu menyambungkan internet banking dan terdeteksi bahwa pengeluaranmu lebih besar dari penghasilan, maka peluang diterimanya pengajuanmu bisa mengecil.

Apalagi jika ada utang yang masih belum dibayarkan, sehingga arus kas-mu dinilai tidak sehat. Bisa-bisa kamu dianggap sebagai nasabah yang kurang dipercaya karena tidak mampu melaksanakan kewajiban untuk membayar utang secara disiplin.  Supaya Kredivo bisa menilai sehat tidaknya arus kas bulananmu, usahakan untuk sambungkan internet banking yang menjadi rekening payroll tempatmu mendapatkan penghasilan dan melakukan transaksi.

Itu dia 3 rahasia supaya pengajuan Kredivo disetujui. Dengan mengikuti semua cara di atas, kemungkinan di-approved akan semakin besar. Bahkan kamu punya kesempatan untuk mendapatkan limit maksimal mencapai Rp 30 juta. Apabila sudah berhasil mendaftar, maka kamu bisa langsung menikmati limit yang dimiliki untuk belanja di lebih dari 200 e-commerce rekanan Kredivo, atau mencairkan limitmu ke dalam dana tunai. Jika pengajuan masih ditolak, jangan kecewa. Cek kembali semua persyaratannya, ikuti 3 cara di atas, dan lakukan pendaftaran kembali 3 bulan kemudian. Selamat mencoba!

 

Share this article