Pilih pekerjaan sampingan yang cocok buat kamu yuk!

3 Tips Memilih Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Jangka Panjang

Menjadi bagian dari masyarakat yang hidup di negara berkembang seperti Indonesia tentu saja memiliki cerita tersendiri. Seiring berkembangnya zaman, tingkat dan jenis kebutuhan yang bertambah seakan menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita.

Sehingga secara tidak langsung, kita juga dituntut untuk terus meningkatkan jumlah pendapatan agar dapat hidup dengan nyaman setiap hari dan memiliki masa depan yang lebih terjamin. Bagi sebagian besar orang, melakukan pekerjaan sampingan menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan ekstra dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Pekerjaan sampingan ini biasanya juga dilakukan oleh orang-orang yang sebetulnya sudah memiliki pekerjaan utama atau bisnis sendiri. Motif utamanya tentu beragam, namun yang paling umum biasanya untuk meningkatkan jumlah tabungan tiap bulan atau untuk membayar cicilan jangka panjang seperti kredit multi guna atau KPR..

Perkembangan teknologi di era digital juga membuat kita semakin mudah mencari pekerjaan sampingan lewat berbagai layanan pencari jasa atau pekerjaan di Internet. Untuk kamu yang baru mau mencari pekerjaan sampingan, berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk jangka panjang.

  1. Pilih yang Kamu Bisa atau Kamu Minati

Tips yang pertama. pilihlah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan apa yang kamu sukai atau kuasai.

Melakukan pekerjaan sampingan tentu tidaklah mudah, terutama bila dilakukan secara konsisten atau berkala. Apabila memungkinkan, lakukanlah pekerjaan yang memang sesuai dengan kminat dan keahlian yang kamu miliki agar terasa lebih mudah dan menyenangkan. Manfaatkan keahlian atau pengetahuan yang kamu dapatkan dari dalam atau luar pekerjaan utamamu saat ini.

Sebagai contoh, apabila kamu adalah seorang desainer grafis, coba ambil pekerjaan tambahan seperti membuat banner atau poster. Atau apabila kamu seorang penulis konten, pertimbangkan untuk mengambil pekerjaan tambahan sebagai penulis artikel di media, blog, atau website orang lain.

Apabila kamu tidak memiliki bakat atau pengetahuan khusus, pilihlah pekerjaan sampingan yang bisa membuat kamu belajar atau kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa terus mengembangkan kemampuan secara berkala dan lebih nyaman melakukannya. Melakukan pekerjaan di bidang atau hal yang kamu sukai tentu menyenangkan bukan?

Misalnya jika kamu menyukai fotografi, ambillah pekerjaan tambahan sebagai seorang fotografer freelance lewat wedding organizer. Kamu tentu bisa mengembangkan kemampuan fotografimu secara berkala lewat rekan kerjamu atau secara otodidak.

Apabila kemampuanmu terus meningkat, tentu kamu bisa mendapatkan bayaran yang lebih tinggi bukan? Yang terpenting adalah kamu bisa melakukannya dengan senang hati dan nyaman untuk jangka panjang.

  1. Pilih yang Waktunya Tidak Ribet
Baca Juga:  Jenis Profesi untuk Fresh Graduate yang Bisa Dicoba Biar Dapat Banyak Pengalaman

Tips kedua adalah memilih pekerjaan sampingan dengan waktu yang cocok atau bisa kamu kompromikan.

Ada banyak orang yang memilih pekerjaan sampingan dengan upah besar namun ternyata malah mengorbankan waktu untuk diri sendiri, keluarga, maupun sahabat dekat. Tentunya hal ini menjadi masalah, lantaran penghasilan yang kamu dapatkan tidak sebanding dengan waktu yang kamu buang untuk istirahat atau bersama orang-orang terdekat.

Utamakan waktu dibandingkan upah yang didapatkan. Sebisa mungkin pilihlah pekerjaan sampingan dengan waktu yang cocok atau bisa kamu sesuaikan sendiri. Alokasikan tidak lebih dari 20 jam setiap minggu untuk melakukan pekerjaan tersebut agar tidak mengorbankan waktu pribadimu secara berlebihan.

Apabila pekerjaan tersebut memungkinkan untuk dikerjakan secara berkala, maka lakukanlah sedikit demi sedikit. Tentukan target waktu harian, mingguan, atau bahkan bulanan sehingga bisa lebih terjadwal dan bisa terpantau perkembangannya.

  1. Pilih yang Upahnya Pas

Tips ketiga adalah memilih jenis pekerjaan sampingan yang bisa memberikan kamu upah yang sesuai dari hasil kerja.

Memilih pekerjaan sampingan dengan upah yang besar dan sesuai dengan keahlian atau bakat tentu menjadi pilihan banyak orang. Namun perlu diingat, kamu juga perlu menentukan standar sendiri akan berapa penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan tersebut. Lakukan perbandingan upah dari pekerjaan-pekerjaan yang serupa dan pilihlah yang paling sesuai.

Pertimbangkan juga tingkat kemampuan yang kamu miliki dan sesuaikan dengan upah yang didapat. Jangan meminta upah lebih apabila kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik atau tidak tepat waktu.

Selalu Berikan Hasil Kerja Maksimal

Apapun pekerjaan sampingan yang kamu lakukan, ingatlah untuk selalu berikan hasil kerja terbaik setiap saat. Kerjakan dengan sepenuh hati dan maksimal sesuai kemampuanmu. Apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh hasilnya tentu juga akan baik.

Bagi waktu pribadimu dengan baik dan kerjakan dengan tepat waktu. Yang tidak kalah penting, buang ekspektasi buruk yang orang-orang lemparkan kepadamu dan jangan lupa untuk bersikap ramah terhadap pihak pemberi kerja. Sukses terus ya!

Share this article