tips menabung _ kredivo cermati

6 Cara Ampuh biar Kamu Bisa Rajin Menabung dan Tidak Boros di Tahun 2019

Pepatah lama mengatakan bahwa hemat pangkal kaya. Dengan berhemat, maka uang yang tersisa bisa disisihkan untuk disimpan, tapi nyatanya, menabung tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan sebab ada banyak godaan ‘Gaya Hidup’ yang muncul dalam proses pelaksanaannya.

Terus bagaimana caranya hidup hemat? Kondisi sekarang saja penghasilan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan rasanya sudah pas-pasan. Jadi sulit rasanya untuk nabung.

Tak perlu pesimis, ada cara ampuh agar kamu tidak boros dan bisa lebih rajin menyimpan uang. Cara ini nggak gampang sebab kamu harus punya niat yang super kuat dan tahan dari rentetan ‘godaan’ gaya hidup yang lebih mementingkan keinginan semata.

Yuk, simak dulu 6 strategi agar kamu bisa punya tabungan di tahun ini:

1. Miliki Disiplin yang Kuat dalam Mengatur Keuangan

Langkah awal yang perlu dijadikan fondasi untuk memulai adalah memiliki disiplin diri yang kuat. Latih terus sifat disiplin dalam mengatur dan merencanakan kondisi keuangan yang lebih sehat dari sebelumnya. Caranya? rmulai rencanakan anggaran keuanganmu dan susun target serta tujuan keuangan.

Dream big. Start small. Start now! Mulailah dari hal-hal kecil dan mulailah sekarang juga. Jalankan dan laksanakan dengan usaha penuh, misalnya mulai dengan punya tabungan dana darurat (emergency fund) sebagai salah satu resolusi finansialmu di tahun ini.

2. Evaluasi Keuangan dan Targetkan Beberapa Tujuan

Setelah evaluasi dan koreksi, tentukan sejumlah target dan tujuan keuangan untuk dicapai sebagai resolusi tahun ini. Lakukan audit dan periksalah. Apakah resolusi finansialmu di tahun lalu sudah tercapai atau belum? Jika memang belum tercapai, di mana posisi kondisi keuanganmu saat ini? Apakah bisa diteruskan lagi di tahun baru ini? Atau perlu dihentikan dan diganti dengan yang baru?

Pikirkan juga strategi apa yang paling tepat dan sesuai, misalnya kamu bisa menargetkan untuk melunasi seluruh utang dan cicilan yang ada atau setidaknya, buatlah berkurang hingga setengahnya.

Pengecekan keuangan seperti ini bisa membuatmu lebih mengerti bagaimana pola keuanganmu selama setahun belakangan ini. Belajarlah dari kesalahan dan kekeliruan yang ada dan pastikan tidak mengulanginya lagi di kemudian hari.

3. Manfaatkan Rekening Tabungan Tanpa Kartu ATM

Baca Juga:  Yang Katanya Cinta Bola, Udah Tau 5 Fakta Piala Dunia Ini Belum?

Salah satu bentuk ketegasan dan disiplin diri untuk mencegahmu melakukan pemborosan adalah ini. Manfaatkan keberadaan rekening tabungan yang tak menyediakan opsi penarikan uang di ATM bagi nasabahnya, alias tanpa kartu ATM. Jadi, uang yang diimpan di rekening tabunganmu bisa tetap aman tak tersentuh sedikit pun.

4. Maksimalkan Skema Tabungan Autodebet

Skema ini cocok bagi kamu agar terlatih semakin disiplin dan rajin menabung setiap bulannya. Mintalah fasilitas autodebet ini di bank bersangkutan tempatmu menerima transfer gaji.  Dengan cara ini, otomatis transferan gajimu akan langsung dipotong untuk diamankan ke rekening tabungan autodebet mu yang nantinya bisa dijadikan deposito. Cara ini ampuh membantumu lebih cepat menabung.

5. Segerakan Investasi

Investasikan uangmu untuk mencegah terjadinya pemborosan. Kamu bisa memilih ragam investasi yang paling cocok dengan keinginan dan minatmu. Sangat tidak disarankan, investasi mengikuti tren semata atau selera teman, jadi pilihlah jenis investasi yang paling mudah dipahami dan menguntungkan perhitungan yang wajar.

Investasi yang bisa di coba mulai dari investasi emas, reksadana, saham hingga property. Jadi jika selama ini kamu hobi belanja, silahkan saja. Tapi coba mulai sekarang, belanjakan uangmu untuk beli produk investasi, misalnya saham, reksadana maupun logam mulia, dijamin deh lebih menguntungankan untuk masa depan keuangamu.

6. Coba Gunakan Jasa Perencana Keuangan Terpercaya

Bila kamu masih bingung harus mulai dari mana? Kamu juga bisa mengkonsultasikan hal ini tahun ini ke perencana keuangan terpercaya. Coba diskusikan dan konsultasikan strategi apa saja yang cocok untuk diterapkan dalam kondisi keuanganmu saat ini dan cara yang cocok untukmu biar tak boros lagi.

Sama halnya seperti merawat kesehatan tubuh, kita perlu meminta saran dan resep dari ahli gizi dan dokter agar kondisi tubuh tetap sehat prima. Begitu juga untuk menjaga kesehatan finansialmu.

Ubah Kebiasaan Buruk dan Keluar dari Zona Aman

Baca Juga:  Kata Mereka Tentang Layanan Pinjaman Tunai Kredivo

Mengubah kebiasaan buruk keuangan memang bukan perkara mudah. Kamu perlu melakukan sejumlah perubahan signifikan dan keluar dari zona nyaman dengan tekad kuat serta disiplin agar keuangan menjadi lebih baik. Kamu juga harus siap untuk rela melepas teman yang punya kebiasaan boros dan berteman dengan mereka yang punya tujuan keuangan sama. Kuncinya, ada di dirimu, berusahalah melakukan yang terbaik merealisasikan cara diatas, semoga sukses!

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo dan Cermati

 

Share this article