kalender 2019 _ kredivo

Kalender 2019: Daftar Hari Libur Nasional, Hingga Rekomendasi Liburan Untukmu!

Minggu kedua di kalender 2019, suasana liburan belum sepenuhnya tergantikan dengan kesibukan dan ketegangan aktivitas kerja. Coba jujur, berapa banyak dari kamu yang masih belum bisa berpaling dari liburan akhir tahun? Atau justru kamu sedang memikirkan mau kemana lagi tahun ini?

Hal tersebut wajar terjadi kok selepas libur panjang. Cara mengatasinya, manfaatkan waktu luang di kantor untuk mulai rencanakan liburan selanjutnya. Nggak perlu bolak balik melihat kalender, karena Kredivo sudah merangkum daftar hari libur dan hari kejepit nasional di tahun 2019! Kredivo juga punya rekomendasi destinasi liburan yang cocok dengan lamanya hari libur tersebut loh. Jadi liburanmu bisa terencana dengan lebih matang.

Yuk, ambil bukumu, catat daftar hari libur di bawah ini, dan rencanakan cutimu mulai dari sekarang!

Februari 2019

Di bulan Februari, terdapat tanggal merah yang dinanti-nanti oleh banyak orang, khususnya etnis Tionghoa. Perayaan Tahun Baru Imlek Kongzili 2570, jatuh di hari Selasa, 5 Februari 2019. Untuk merayakannya, kamu bisa mengambil cuti di hari Senin, 4 Februari, dan berlibur selama empat hari dari hari Sabtu dan Minggu sebelumnya.

Mau merasakan suasana Imlek yang kental? Kunjungi destinasi wisata yang mengadakan pesta perayaan Imlek tiap tahunnya, seperti Klenteng Sam Poo Kong di Semarang, atau Klenteng Tek Hay Kiong di Tegal.

Selain Imlek, bulan Februari juga dikenal sebagai bulan kasih sayang. Manfaatkan hari libur ini untuk merayakan Valentine lebih awal bersama pasangan. Mengejar sunrise di Bukit Sikunir, Dieng, atau wisata kuliner di Bandung bisa jadi pilihan tepat!

Jadwal libur:

2-5 Februari, cuti 1 hari untuk berlibur selama 4 hari.

Rekomendasi destinasi:

Semarang, Tegal, Dieng, atau Bandung

Maret 2019

Terdapat satu tanggal merah di bulan Maret, yaitu 7 Maret 2019, dalam rangka Hari Raya Nyepi. Jatuh pada hari Kamis, kamu bisa mengambil cuti pada Jumat, 8 Maret dan berlibur hingga hari Minggu. Ini bisa menjadi waktu terbaik untukmu pergi ke Bali dan ikut merasakan suasana Nyepi di sana.

Selain Bali, Sumba juga bisa jadi opsi, karena di bulan ini, kamu bisa merasakan serunya Pasola, tradisi melempar lembing dari atas kuda yang hanya diselenggarakan setahun sekali.

Jadwal libur:

Baca Juga:  5 Hal Tentang Aturan Imei Handphone BM yang Harus Diketahui

7-10 Maret, cuti 1 hari untuk berlibur selama 4 hari.

Rekomendasi destinasi:

Bali atau Sumba

April 2019

Ada banyak tanggal merah di bulan April! 3 April dalam rangka Isra’ Mi’raj, 17 April untuk Pemilu 2019, dan 19 April untuk memperingati Jumat Agung. Untuk tanggal 3 April yang jatuh di hari Rabu, kamu bisa mengambil cuti dua hari di hari Kamis dan Jumat. Umat Muslim yang mau merayakan Isra’ Mi’raj, bisa mengunjungi Yogyakarta atau Cirebon, yang terkenal dengan berbagai tradisi khasnya.

Setelah menggunakan hak pilihmu di tanggal 17, ambil cuti di tanggal 18 April, sehingga kamu punya waktu berlibur yang cukup panjang sampai tanggal 21 April. Nggak ada salahnya memilih destinasi liburan internasional. Berkunjung ke Maldives atau Bangkok adalah salah satu pilihan terbaik karena cuaca di sana yang sangat bagus bulan ini.

Jadwal libur:

3-7 April, cuti 2 hari untuk berlibur 5 hari

17-21 April, cuti 1 hari untuk berlibur 5 hari

Rekomendasi destinasi:

Yogyakarta, Cirebon, Maldives atau Bangkok

Mei 2019

Ada tiga tanggal merah juga di bulan Mei: 1 Mei untuk memperingati Hari Buruh, 19 Mei dalam rangka Waisak, dan 30 Mei untuk perayaan hari kelahiran Isa Almasih. Selain tanggal merah, tanggal 5 atau 6 Mei juga diperkirakan sebagai mulainya bulan Ramadan.

Sebelum bulan Ramadan mulai, para umat Muslim bisa pergi berlibur di tanggal 1-5 Mei untuk mengunjungi wisata religi seperti makam wali atau tokoh Islam. Jika kamu masih punya banyak jatah cuti, pergi ke tanah suci untuk ibadah umroh juga bisa jadi pilihan. Tanggal merah pada 30 Mei bisa kamu gunakan untuk libur panjang Lebaran hingga bulan Juni selanjutnya.

Jadwal libur:

Baca Juga:  Tren silaturahmi online ketika lebaran di tengah pandemi Covid-19

1-5 Mei, cuti 2 hari untuk berlibur selama 5 hari

Rekomendasi destinasi:

Makam tokoh Islam, atau Tanah Suci

Juni 2019

Di bulan ini, kebanyakan orang Indonesia akan pulang ke kampung halaman masing-masing untuk memperingati Idul Fitri. Tanggal merah ditetapkan pemerintah pada 5-6 Juni, dan ada cuti bersama pada 3-4 Juni. Sebelumnya di tanggal 1 Juni, ada tanggal merah lagi dalam rangka memperingati Hari Pancasila.

Bagi kamu yang mau pulang kampung atau sekadar memanfaatkan libur panjang Lebaran, bisa mulai libur dari tanggal 30 Mei, mengambil cuti di tanggal 31 Mei dan 7 Juni, lalu melanjutkan liburan hingga 11 Juni. Jadi, total libur Lebaran yang kamu miliki adalah 11 hari!

Kalau kamu belum punya tujuan atau memang nggak punya kampung halaman, Labuan Bajo bisa jadi pilihan. Cuaca yang cerah di bulan ini bisa membuat pengalaman island hopping-mu nggak terlupakan.

Jadwal libur:

30 Mei – 11 Juni, cuti 2 hari untuk berlibur selama 11 hari

Rekomendasi destinasi:

Kampung halaman, atau Labuan Bajo.

Sayang sekali, mulai bulan Juli hingga November 2019, tanggal merah hanya ada di hari Sabtu dan Minggu!

Di bulan-bulan tersebut, memang ada sejumlah tanggal merah. Sayangnya, nggak akan berpengaruh banyak karena semua tanggalnya jatuh pada hari Sabtu dan Minggu. Meskipun tanggal merahnya hanya sedikit, Kredivo menyarankan kamu untuk berlibur di bulan-bulan ini.

Sebab, bulan tersebut termasuk low season, sehingga harga tiket pesawat dan hotel bisa lebih murah. Wisatawan yang berkunjung pun jauh lebih sedikit dibandingkan bulan lainnya. Kalau kamu nggak mau banyak menghabiskan jatah cuti, kunjungi destinasi yang terbilang dekat seperti Malaysia atau Singapura!

Desember 2019

Liburan akhir tahun akhirnya tiba! Hari Natal yang jatuh pada Rabu, 25 Desember 2019, ditetapkan sebagai tanggal merah. Pemerintah juga memberikan cuti bersama pada 24 Desember. Ambil cuti di tanggal 23, 26 dan 27 Desember, sehingga kamu bisa berlibur lebih lama mulai tanggal 21 Desember sampai 29 Desember.

Manfaatkan waktu libur yang panjang ini untuk berlibur ke negara bersalju. Buat liburan akhir tahun menjadi lebih berkesan dengan menikmati musim salju di Jepang, atau Korea Selatan.

Jadwal libur:

Baca Juga:  5 Alasan Kenapa Solo Traveling Penting Dilakukan Tiap Perempuan

21 Desember – 29 Desember, cuti 3 hari untuk berlibur selama 9 hari.

Rekomendasi destinasi:

Negara bersalju seperti Jepang, atau Korea Selatan.

Itu dia deretan daftar hari libur tahun 2019 yang sebaiknya segera kamu catat! Jangan lupa rencanakan dengan matang segala sesuatunya, termasuk dalam hal keuangan. Sebab tanpa perencanaan keuangan, liburan yang seharusnya menyenangkan malah bisa jadi bencana finansial.

Sebelum harga tiket pesawat semakin mahal, sebaiknya kamu segera memesan tiket dari sekarang. Jangan lupa gunakan Kredivo supaya bisa lebih praktis memesan tiket pesawat kapan saja, di mana saja, sekaligus mencicilnya dengan mudah hanya lewat satu aplikasi. Ditambah lagi, kamu bisa mencicil tiket perjalanan dengan jangka waktu lebih panjang hingga 12 bulan. Nggak perlu menunggu tabungan, dan pembayaran cicilan pun jadi lebih ringan.

Yuk, rencanakan liburan mulai sekarang!  

 

Share this article