daging kurban

Cara Menyimpan Daging Kurban Supaya Awet hingga 1 Tahun

Rasanya baru kemarin kita melewati bulan Ramadhan, dan sekarang kita sudah mau Idul Adha saja. 2 tahun terakhir, kita semua melewati Idul Adha bersama virus Covid19, dan tahun ini mungkin kita semua bisa merayakannya lebih layak dibanding 2 tahun sebelumnya. 

Perayaan Idul Adha pasti identik dengan pembagian daging kurban. Pada hari itu, rumah kalian pasti memiliki daging lebih banyak dari biasanya. Mungkin kalau kamu tinggal bersama orang tua, biasanya tidak memikirkan bagaimana cara menyimpannya, karena kamu sudah cukup sibuk memilih daging yang akan disate sore nanti.

Namun, bagi kamu yang baru berkeluarga, hidup diperantauan, atau tinggal sendiri, pengetahuan cara menyimpan daging supaya awet, bahkan hingga 1 tahun, akan menjadi info penting. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut:

1. Jangan Cuci Daging

Mungkin, hal pertama yang kamu pikirkan setelah mendapatkan daging, pasti ingin mencuci daging tersebut. Niatnya, biar daging bisa lebih bersih, tetapi nyatanya daging bisa ​​mengeluarkan bau tidak sedap jika dibilas dengan air.

Selain itu, daging yang sudah terbilas air akan menurunkan kualitas daging tersebut, karena air akan meresap ke dalam serat-serat daging tersebut.

Jadi, jika daging yang kamu punya memiliki kotoran, tinggal lap saja pakai tisu dapur yang tebal. Pastikan juga tangan kamu bersih dan kering ketika memegangnya, kalau perlu pakai sarung tangan biar lebih steril.

2. Bungkus Daging dengan Rapat

Jika kamu tidak membungkus daging kurban dengan rapat, dan hanya menaruhnya di freezer, maka daging tersebut bisa mengalami ​​freezer burn, dimana daging akan mengeras dan kualitasnya berkurang. Memang, daging tersebut masih dapat dikonsumsi, tapi kualitas rasanya sudah sangat berkurang.

Oleh karena itu, simpan daging ke wadah yang kedap udara, bisa itu box atau menggunakan plastik cling wrap, agar kualitas daging terjaga. Selain itu, cara ini juga bisa mencegah berkembangnya bakteri di permukaan daging, yang disebabkan oleh paparan udara yang ada di dalam kulkas

Baca Juga:  Ini Bedanya Akun Sosial Media Kredivo Asli dengan yang Palsu

3. Simpan di Freezer

Frozen pork meat which has been vacuum sealed inside a fridge freezer. Frozen food

Daging sapi mentah lebih baik tidak didiamkan selama lebih dari dua jam di suhu ruangan. Nah, daging yang sudah dimasukkan box atau plastik kedap udara, langsung saja taruh freezer. Kalau bisa freezer khusus daging, dengan suhu minus 18 derajat celcius. 

Pembekuan daging akan menidurkan bakteri di dalamnya. Di suhu ini, bakteri tidak akan bereaksi sehingga daging akan awet secara alami. 

4. Berikan Catatan Tanggal

Memang, dengan 3 cara di atas, daging yang kamu simpan bisa bertahan 6 bulan hingga 1 tahun, tetapi diberi tanggal, kamu jadi tahu daging mana yang sudah tersimpan lama di freezer, sehingga jika ada daging baru, daging lebih diutamakan untuk dipakai.

Sebagai catatan, beda bagian daging, beda pula daya tahannya. Untuk bagian daging has dalam bisa mencapai 12 bulan, tapi untuk bagian lidah atau jeroan hanya bisa bertahan maksimal 4 bulan di freezer.

Tidak Punya Kulkas atau Freezer? Paki Cara Ini

Jika kamu tidak memiliki freezer, kamu bisa gunakan metode mengeringkan daging dengan cara mengiris tipis daging menjadi beberapa bagian dan mengoleskannya dengan larutan air garam. Lalu, letakkan daging di bawah sinar matahari dan jemur hingga kering. Cara ini bisa membuat daging awet hingga 1 bulan.

Namun, dikarenakan freezer sangat berguna bagi kamu yang sering berkegiatan di dapur, lebih baik manfaatkan fasilitas cicilan dari Kredivo, ada fasilitas bunga 0% per bulan, serta banyak promo-promo lainnya yang bikin kamu makin hemat berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Seperti itulah beberapa cara untuk menyimpan daging kurban di dalam kulkas agar tahan lama. Semoga bermanfaat ya, Kredipal!

Share this article