mudik

Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Mudik Pakai Sepeda Motor

Setelah dua tahun tidak bisa merasakan kesempatan mudik, akhirnya tahun ini mudik sudah diperbolehkan dengan berbagai peraturan protokol kesehatan. Dari sekian banyak kendaraan yang digunakan orang-orang untuk mudik, motor menjadi salah satu pilihan terbaik bagi sebagian orang. 

Sebab, melihat dua tahun terakhir mudik ditiadakan, bisa diperkirakan jalanan akan membludak dan dipenuhi banyak kendaraan. Kendaraan motor inilah yang dinilai bisa lebih sat set sat set, lebih cepat datang, lebih cepat pulang juga.

Namun, bagi para Kredipal yang berencana ingin pulang ke kampung halaman, dengan menggunakan motor, lebih baik persiapkan hal-hal berikut agar mudik lebih aman, nyaman dan lancar jaya.

Cek Kondisi Ban

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mengecek kondisi ban. Kamu sudah tahu sendiri bagaimana kondisi jalanan sekarang. Seperti hidup kita semua, tidak selalu mulus~

Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan kondisi ban yang prima. Kamu bisa mengeceknya dengan cara yang mudah, tinggal lihat bagaimana tekstur ban baru merk ban yang kamu miliki, lalu kamu bandingkan dengan ban motor kamu yang sekarang.

Jika kondisinya ban motor kamu masih layak pakai, terlihat dari motif ban masih tebal, serta permukaan ban tidak bergelombang, yang disebabkan oleh motif yang sudah mulai hilang di bagian tengah ban.

Ganti Kampas Rem

“Putus cinta soal biasa, putus rem mati kita”, kira-kira seperti itulah quote yang ada di tulisan belakang truk, yang mewakili para pengendara untuk memperhatikan keadaan rem kendaraan kita masing-masing ketika melakukan perjalanan jauh.

Oleh karena itu, ganti kampas rem sepeda motor kamu, baik rem depan maupun belakang. Untuk tipe rem cakram, kamu juga harus memastikan ketersediaan minyak rem. Sebab, bila minyak rem cakram ini habis, bisa-bisa rem akan blong. 

Baca Juga:  Kucing memang seru buat main-main, tetapi harga merawatnya juga bukan main-main

Cek CVT atau Rantai

Sebagai penyalur tenaga dari mesin, mengecek CVT atau rantai motor juga tidak boleh luput dari perhatian kamu. Jangan sampai CVT atau rantai sepeda motor kamu putus di tengah jalan, bisa sangat merepotkan jika ini terjadi.

Oleh karena itu, untuk para pengguna motor matic, cobalah untuk mengecek kelayakan roller atau V-belt. Jika roller sudah peyang atau V-belt sudah mulai retak-retak, lebih baik diganti daripada kejadian yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Untuk para pengguna motor bebek atau motor batangan yang menggunakan rantai, pastikan rantai dalam kondisi prima dan terlumasi. Sebaiknya, bawa chain lube saat mudik, buat melumasi rantai tersebut. Jaga-jaga, kalau sampai rantai jadi kering kurang pelumasan.

Cek Mesin

Mesin juga harus jadi perhatian, minimal kamu harus mengganti oli mesin sebelum dan sesudah mudik, dan service seluruh mesin motor agar tidak mogok-mogok di jalan. Apalagi jika mesin tidak dicek, akan mengalami overheat yang akan membuat kamu lebih susah lagi.

Dikarenakan pengecekan seluruh kendaraan motor untuk mudik itu sangat penting, jangan mencoba untuk melalaikan hal ini demi keamanan. Apabila arus keuangan kamu tidak mau terganggu, lebih baik manfaatkan pinjaman tunai dari Kredivo dengan bunga rendah untuk membawa motor ke bengkel.

Namun, jika kamu dengan lihainya bisa memasang dan mengganti spare parts motor kamu sendiri, kamu juga bisa beli spare parts tersebut di e-commerce dan menggunakan Kredivo, yang memiliki bunga 0% untuk paylater 30 hari, atau cicilan 3 bulan.  

Berkonsultasi Tentang Jalan Pintas

Tidak bisa dipungkiri, kalau om atau saudara kamu yang di kampung lebih tahu medan sana dibanding kamu yang jarang pulang ke kampung halaman. Oleh karena itu, dengan kekhawatiran akan membludaknya orang-orang yang akan mudik, lebih baik berkonsultasi ke saudara, orang tua, om atau tante kamu tentang jalan pintas atau jalan mana yang paling baik, yang harus kamu lalui.

Baca Juga:  Walaupun hati tidak tenang lebih baik #TakPulangUntukMenang

Jika mendapat pencerahan tentang jalan pintas ini, bisa dipastikan kamu bisa lebih cepat sampai ke kampung halaman, dan tidak terlalu banyak kena macet di jalanan besar.

Namun, jangan heran apabila nantinya kamu akan mendapatkan jalanan terjal, menyebrangi sungai, melewati sawah, dan lain sebagainya. Kamu juga harus memilih dengan bijak jalan yang direkomendasikan, karena bisa saja jalanan tersebut rawan kriminal.

Selamat mudik, dan hati-hati di jalan ya, Kredipal!

Share this article