Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Pasca Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Kabar buruk dan gembira datang bersamaan di Indonesia. Pertama-tama Indonesia sedang mengalami lonjakan kasus harian Covid-19 hingga mencetak rekor baru, yaitu sebesar 21.342 kasus harian pada 24 Juni 2021 lalu. Namun, ada berita gembira juga, yaitu pemberian vaksin dijamin gratis untuk seluruh warga Indonesia, dan pencetakan rekor pemberian vaksin tertinggi, yaitu 1,3 juta vaksinasi per hari.

Sejatinya, vaksinasi Covid-19 berguna untuk menciptakan herd immunity yang baru, sehingga setelah 80% lebih populasi sudah divaksin, kita semua bisa kembali hidup normal seperti dulu. Jadi, bagi kamu yang belum vaksin, segeralah mendaftarkan diri untuk vaksinasi Covid-19 yang sudah dibuka di banyak tempat di seluruh Indonesia. Kamu hanya perlu membawa KTP dan pulpen saja untuk mendaftar.

Tenang, jangan mendengarkan berita-berita hoax tentang dimasukkannya chip yang bisa mengatur kamu di dalam vaksin, atau setelah pemberian vaksin kamu bisa berubah menjadi Titan ataupun Zombie. Hanya saja, ada beberapa macam efek pasca Vaksin tahap pertama yang akan kamu alami, seperti badan pegal, lemas, demam hingga muntah-muntah.

Namun efek pasca vaksinasi tahap pertama ini bisa kamu tanggulangi dengan berbagai macam cara sebagai berikut:

Kompres Lengan Jika Sakit

Efek pasca vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah bagian lengan yang disuntik terasa sakit atau pegal. Efek ini sangat umum dan wajar, karena umumnya segala jenis vaksinasi akan ada efek seperti ini, tergantung kondisi tubuh masing-masing. Oleh karena itu, lebih baik pilih lengan yang tidak dominan digunakan sehari-hari. Jika kamu terbiasa menggunakan pakai tangan kanan, lebih baik vaksinasi di lengan kiri.

Jika kamu merasakan efek pegal atau nyeri di lengan setelah vaksinasi tahap pertama, cara terbaik untuk meredakan efek ini adalah dengan meletakkan sesuatu yang dingin, seperti waslap basah atau kompres es, pada area suntikan. 

Baca Juga:  Jurus Belanja Online Saat Harbolnas agar Tidak Menjadi Hari Kantong Jebol Nasional

Konsumsi Parasetamol Jika Demam

Pasti kamu sering mendengar orang yang demam setelah vaksinasi, entah dari keluarga, teman atau berita di sosial media. Efek demam setelah vaksinasi juga sangat wajar, karena tubuh bereaksi dalam pembentukan imunitas. Namun tenang saja, efek ini bisa dilawan dengan mengonsumsi obat demam atau parasetamol, dan hanya berlangsung 1 hari atau 2 hari saja.

Oleh karena itu, sebelum vaksinasi lebih baik siapkan terlebih dahulu obat pereda demam atau paracetamol untuk berjaga-jaga. Namun, lebih baik beli di rumah saja melalui e-commerce dengan menggunakan Kredivo. Bila perlu, kamu juga bisa membeli berbagai vitamin agar menjaga imun tetap kuat pasca vaksinasi Covid-19. 

Istirahat yang Cukup

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 adalah istirahat yang cukup. Meskipun ahli penyakit infeksi dari Denver Health dr David Wyles, MD yang dilansir dari Health Kompas mengatakan bahwa, tidak ada larangan untuk berolahraga setelah tidak ada efek setelah 15 menit hingga 30 menit pasca vaksinasi, tetap saja sangat disarankan untuk tidak melakukan kegiatan yang berat.

Sebab, ada efek kelelahan dan kantuk yang tinggi pasca vaksinasi yang timbul selang 1 jam hingga 12 jam ke depan. Oleh karena itu, lebih baik lebih sering bersantai dan beristirahat sejenak dibandingkan melakukan kegiatan yang berat.

Tetap Terhidrasi

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh memang sangat penting setiap harinya, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang atau ketika kamu sudah melakukan vaksinasi. Sebab, tubuh sendiri terdiri dari 70% air, jadi menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Ditambah lagi, dilansir dari Health Kompas, sekitar 3,5% orang mengeluh mengalami mual setelah mendapat vaksin Covid-19. Dan tetap terhidrasi adalah solusi yang paling ampuh untuk mengatasi hingga menghilangkan efek mual pasca vaksin Covid-19

Baca Juga:  Tips Belanja Online Agar Tidak Merasa Ditipu oleh Penjual

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Hal terakhir yang patut kamu perhatikan setelah melakukan vaksinasi Covid-19 adalah tetap mematuhi seluruh protokol kesehatan. Bukan berarti kamu sudah divaksin berarti sudah kebal dengan virus tersebut, tetapi antibodi kamu akan lebih siap menghadapi virus Covid-19 yang (amit-amit) masuk ke dalam tubuh kamu. Sehingga kamu lebih mudah sembuh jika terjangkit virus. Selain itu, antibodi baru akan terbentuk dua minggu setelah menerima vaksin.

Oleh karena itu, kamu harus tetap harus menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, menjaga jarak, jauhi kerumunan dan hindari keluar rumah jika tidak benar-benar diperlukan. 

Seperti itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan setelah vaksin Covid-19. Jadi, sudah daftar untuk vaksin, belum?

Share this article