tipe kepribadian _ kredivo

Ini Cara Mengelola Keuangan yang Tepat Berdasarkan Tipe Kepribadian

Ternyata, tipe kepribadian berbanding lurus dengan cara seseorang dalam mengatur uang. Kamu yang mana?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam mengatur keuangan: usia, gender, lingkungan, pendidikan, dan status ekonomi.

Tapi, tahukah kamu bahwa tipe kepribadian juga berbanding lurus dengan caramu mengatur uang? Menurut pakar keuangan Ray Linder, setiap orang dengan tipe kepribadian berbeda punya caranya masing-masing dalam mengelola keuangannya. Perbedaan ini diklasifikasikan berdasarkan sebuah tes kepribadian yang sangat populer bernama MBTI (Myers Briggs Type Indicator).

Menurut tes ini, manusia dikelompokkan ke dalam 16 tipe kepribadian berbeda. Ray Linder kemudian membagi 16 tipe kepribadian tersebut ke dalam empat kelompok yang lebih luas yaitu Protectors, Players, Planners, dan Pleasers. Supaya kamu bisa menemukan kelebihan dan kekuranganmu dalam mengelola uang, kamu bisa mengikuti tes kepribadian MBTI terlebih dahulu di sini.

Nantinya kamu akan mendapatkan empat huruf yang akan menentukan tipe kepribadianmu. Setelah itu, cek cara pengelolaan uang yang tepat berdasarkan hasil tes tadi dalam artikel ini:

  1. Tipe Pelindung (Protectors)

Karakter yang masuk dalam kelompok ini: ISTJ, ISFJ, ESTJ, ESFJ

Kebanyakan orang yang masuk dalam kelompok kepribadian ini punya imajinasi akan masa depan yang sempurna, sehingga segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang. Mereka akan sangat berhati-hati ketika mengeluarkan uang, dan memastikan bahwa setiap dana yang keluar bisa menghasilkan sesuatu yang berguna. Jadi gak ada tuh cerita lapar mata ketika belanja. Bagi mereka, lebih baik uangnya ditabung buat dana pensiun!

Bisa dibilang, gaya pengelolaan keuangan mereka cukup ideal, tapi gak jarang juga sikap tersebut jadi bumerang buat mereka. Sebab, saking hematnya, seringkali tipe pelindung dianggap pelit oleh sebagian orang. Sikapnya yang overprotected terhadap uang juga bisa mengancam kehidupan pernikahan. Buat kamu yang punya karakteristik ini, hemat boleh saja, tapi jangan sampai bikin sengsara ya!

  1. Tipe Pemain (Players)
Baca Juga:  Pengajuan Cicilan Ditolak karena Skor Kredit Masih Rendah? Ini solusinya

Karakter yang masuk dalam kelompok ini: ESTP, ESFP, ISTP, ISFP

Sama seperti nama karakternya, tipe players memang cenderung suka bermain-main dengan uang mereka. Kebanyakan orang dengan tipe ini adalah orang yang boros, karena mereka gak pernah memikirkan situasi jangka panjang. Mereka juga gak peduli apakah keputusan finansial yang dilakukan berisiko tinggi atau tidak, salah satunya ketika berinvestasi.

Cara mereka dalam menyikapi hidup memang menyenangkan, tapi dari segi keuangan, tentu kebiasaan tersebut bisa berbahaya bagi kondisi finansial di masa depan. Bahkan Linder menyebut tipe kepribadian satu ini punya risiko finansial yang paling tinggi. Kalau kamu masuk dalam kepribadian ini, cobalah untuk mengubah kebiasaan mulai sekarang untuk meminimalisir risiko tersebut dengan menahan hasrat belanja, dan mulai memperhitungkan segala risiko saat berinvestasi.

  1. Tipe Perencana (Planners)

Karakter yang masuk dalam kelompok ini: ENTJ, ENTP, INTJ, INTP

Sesuai dengan namanya, orang dengan karakteristik ini dikenal sangat cermat dalam merencanakan masa depannya. Mereka jago mengatur keuangan, dan memiliki keahlian dalam memilih investasi jangka panjang. Karakteristik tipe perencana hampir mirip dengan tipe pelindung, keduanya sama-sama mempunyai gaya pengelolaan keuangan yang ideal.

Namun, untuk kasus tipe perencana, mereka cenderung mengabaikan peluang investasi jangka pendek karena gak mau mengambil risiko. Padahal, investasi yang mereka hindari tersebut bisa saja memberi keuntungan besar. Masa depan memang harus direncanakan dengan matang, tapi jangan lupa juga untuk melihat setiap peluang yang ada sekarang ya.

  1. Tipe Pencari Kesenangan (Pleasers)

Karakter yang masuk dalam kelompok ini: ENFJ, ENFP, INFJ, INFP

Orang-orang dengan karakteristik ini adalah orang-orang yang menikmati hidup dengan menghabiskan uang dan mengekspresikan identitas mereka. Tipe pencari kesenangan juga gak cuma memikirkan diri sendiri, tapi juga memperhatikan kebutuhan orang lain. Jadi jangan heran kalau mereka seringkali belanja tanpa perhitungan, dan cenderung boros. Mereka lebih mementingkan kebutuhan orang lain dibandingkan kebutuhan sendiri, dan sikap royal tersebutlah yang membuat mereka disukai oleh banyak orang.

Namun sayangnya, gak sedikit juga yang memanfaatkan kebaikan tersebut. Kalau kamu masuk ke dalam tipe kepribadian ini, sebaiknya kamu mulai mementingkan diri sendiri, dan membatasi diri dengan membedakan mana pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan.

Apapun tipe kepribadianmu, aturlah uang dengan bijak

Baca Juga:  Punya Bisnis Online? Ini 3 Tips Penting agar Bisa Cepat Maju

Dari semua tipe tersebut, setiap tipe kepribadian punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan mengetahui cara mengelola keuangan di atas, kamu bisa segera memanfaatkan potensi positif dan memperbaiki kekurangan yang ada. Namun apapun tipe kepribadianmu, bijak dalam mengatur uang adalah kunci untuk mempunyai keuangan yang baik dan sehat. Untuk punya kondisi keuangan yang sehat, kamu bisa memulai dengan belanja menggunakan fasilitas cicilan dari Kredivo!

 

Share this article