kartini masa kini _ Kredivo

Menjadi Kartini Masa Kini Lewat 5 Tips Inspiratif Ini

Kredipal tentunya sudah tidak asing dengan sosok Raden Ajeng Kartini. Pada tanggal 21 April, seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati hari kelahirannya. Kartini merupakan sosok wanita inspiratif yang menjadi pahlawan emansipasi wanita. Berkat jasanya, kini derajat dan hak wanita Indonesia bisa sejajar dengan pria.

Negara ini pun telah melahirkan banyak Kartini modern hebat yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Sebut saja Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia yang masuk dalam jajaran perempuan paling berpengaruh versi Forbes. Di bidang lainnya, ada Dian Pelangi, desainer busana muslim yang berhasil masuk dalam daftar ‘30 Under 30 Asia’ versi Forbes.

Sebagai sesama perempuan Indonesia, banyak cara meneruskan semangat perjuangan dan cita-cita Ibu Kartini. Berikut ini adalah 5 tips menjadi Kartini masa kini.

 

Belajar mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri adalah hal penting untuk hidup yang lebih baik. Dengan mencintai diri sendiri, artinya kamu bisa menerima segala kelebihan tanpa bertinggi hati, dan merangkul semua kekurangan tanpa mengurangi sedikit pun rasa percaya diri. Orang yang mencintai dirinya sendiri lebih memahami apa yang mereka inginkan, dan tidak bertindak berdasarkan kemauan orang lain. Untuk memulainya, kamu harus mengenal seperti apa sikap, karakteristik, hingga hal-hal yang kamu sukai dan tidak sukai.

Maafkan juga diri sendiri akan kesalahan yang pernah diperbuat. Jadikan kesalahan tersebut proses pembelajaran supaya kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri, kamu bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan orang lain, sekaligus menjadi langkah awal kesuksesanmu dalam hidup.

 

Perluas wawasan dan kembangkan kemampuan

R.A Kartini sudah meletakkan pondasi kesetaraan gender hingga kaum wanita masa kini bisa memperoleh pendidikan setinggi mungkin dan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Beliau berharap perempuan Indonesia bisa maju dan berkembang dengan wawasan yang luas. Perkuat sifat keingintahuan yang tinggi, tentunya untuk hal-hal yang positif.

Sebagai Kartini masa kini, para perempuan Indonesia bisa mewujudkannya dengan banyak membaca, rajin mencari informasi yang mendalam, serta mengembangkan kemampuan diri sehingga bisa menginspirasi banyak orang. Apalagi dengan teknologi dan internet yang semakin canggih, kini para Kartini modern bisa menggali informasi sebanyak mungkin dengan  mudah.

 

Baca Juga:  5 Cara Hemat yang Wajib Dicoba Milenial Biar Cepat Kaya

Rawat diri dan perhatikan penampilan

Bukan hanya dikenal sebagai sosok yang pintar, namun R.A Kartini juga memiliki kepercayaan diri tinggi. Selain membekali diri dengan ilmu, cara lain untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah melalui penampilan. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita dengan penampilan menarik dan terawat cenderung sukses dalam menjalani kariernya karena mereka lebih percaya diri dan dianggap memiliki kemampuan lebih unggul.

Di Hari Kartini ini, ga ada salahnya untuk memberi reward bagi diri sendiri dengan melakukan perawatan dan memperhatikan penampilan. Kamu bisa belanja beberapa outfit dan make up baru, atau membeli produk perawatan kulit. Memanjakan diri juga bisa jadi salah satu cara untuk melepas penat dan stres lho! Supaya tabunganmu ga langsung ludes, gunakan cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo sebagai metode pembayaran saat belanja barang-barang untuk menunjang penampilanmu. Selain punya lebih dari 160+ merchant rekanan, skema pembayaran di Kredivo juga beragam, kamu bisa fleksibel memilih untuk membayar dalam 30 hari hingga 12 bulan ke depan.

 

Berani menyuarakan pendapat

Dahulu, wanita dilarang keras untuk bekerja di luar rumah dan hanya diperbolehkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Tak ada pendidikan, maupun hubungan sosial dengan yang lain. Lalu Kartini dengan berani menyuarakan pemikiran-pemikirannya lewat tulisan berupa surat kepada para temannya di Eropa.

Tujuan mulia Kartini untuk mencerdaskan wanita Indonesia pun akhirnya didengar setelah beliau berani menyuarakan pendapatnya. Dengan begitu, Kartini masa kini juga harus berani bersuara, mengutarakan ide dan pendapatnya. Jangan takut dengan penolakan, bahkan seorang R.A Kartini sebelumnya ditentang oleh banyak orang ketika mengutarakan pendapatnya.

 

Cerdas kelola keuangan

Wanita yang cerdas bukan hanya yang berwawasan luas, namun juga pandai dalam mengelola keuangan. Seorang wanita adalah menteri keuangan bagi keluarganya. Apapun profesi utamanya, setiap wanita harus paham cara pengelolaan keuangan keluarga dengan tepat. Namun sayangnya, fakta berbanding terbalik dengan kenyataan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016 lalu, diketahui bahwa tingkat literasi keuangan wanita hanya sebesar 25%, lebih rendah dari tingkat literasi keuangan pria yaitu sebesar 33%. Padahal, banyak rumah tangga di Indonesia yang urusan keuangannya dikelola oleh perempuan.

Maka dari itu, coba mulai kelola keuangan dengan cara mudah seperti dengan prinsip 50-30-10-10. Sisihkan 50% dari total pendapatan keluarga untuk kebutuhan sehari-hari seperti biaya makan, belanja bulanan, transportasi, hingga tagihan listrik dan air. Selanjutnya, alokasikan 30% untuk membayar cicilan. Pos pengeluaran satu ini tidak bisa diganggu, atau keuanganmu malah jadi berantakan. Jangan lupa juga menyisihkan 10% pendapatan untuk investasi. Pos ini bisa digunakan untuk pendidikan anak, dana pensiun, atau modal untuk membangun bisnis di masa depan. Tenang, kamu dan keluarga masih punya 10% sisa pendapatan untuk pos kebutuhan sosial dan hiburan. Jadi masih ada sisa dana untuk liburan bersama keluarga.

Itu dia 5 tips untuk menjadi Kartini masa kini. Perjuangan pahlawan emansipasi Indonesia kelahiran Jepara tersebut masih menjadi perjuangan wanita Indonesia di masa modern. Para wanita, dimanapun kamu berada saat ini, maksimalkan potensi diri untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik untukmu dan lingkunganmu! Selamat Hari Kartini!

Dengan Kredivo, Kartini masa kini bisa semakin mudah kelola keuangan. Download aplikasinya di sini.

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *