liburan akhir tahun - Kredivo

Puas Liburan Akhir Tahun Meski Bujet Minim dan Waktu Mepet, Ini 5 Rahasianya

Mau liburan akhir tahun tapi bujet minim dan waktu mepet? Jangan khawatir, ada trik seperti di bawah ini untuk mengakali agar liburan akhir tahunmu bisa tetap ramah di kantong.

Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 sudah di depan mata. Tentunya momen sekali setahun ini akan terasa kurang lengkap jika tak diisi dengan liburan bersama orang-orang tersayang. Namun, berlibur saat peak season seperti akhir tahun punya risiko keluar bujet yang lebih besar. Harga tiket perjalanan pastinya jauh lebih mahal, dan biaya akomodasi pun melambung tinggi.  Belum lagi jika kamu belum

Tapi tenang saja, tak perlu mengurungkan niat untuk melancong di akhir tahun ini. Sebab, ada trik seperti di bawah ini untuk mengakali agar liburan akhir tahunmu bisa tetap ramah di kantong.

Pilih destinasi yang ramah kantong

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih destinasi yang ramah di kantong. Mengingat saat peak season semua harga di destinasi wisata akan meroket dibandingkan hari biasa, maka lebih baik jika kamu pergi ke tempat-tempat yang mempunyai akomodasi murah. Sebut saja beberapa destinasi domestik seperti Bali, Jogja, Malang, atau destinasi luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Bangkok yang terkenal murah. Dengan begitu, kamu tetap bisa menekan biaya liburan meski terjadi kenaikan harga di sana.

Berburu tiket murah di tengah melonjaknya harga

Jika kamu pergi di saat peak season, maka waktu ideal untuk memesan tiket perjalanan adalah 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tapi, tak usah berkecil hati jika kamu baru memesannya di waktu mepet seperti sekarang-sekarang ini. Rajin-rajinlah mengunjungi situs pembanding tiket yang kini banyak tersedia untuk menemukan tiket dengan harga termurah. Jika kamu menggunakan pesawat, coba pilih penerbangan paling awal karena tak jarang maskapai akan menjualnya dengan harga lebih murah.

Supaya lebih ringan dalam membeli tiket, kamu bisa memanfaatkan cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo, baik tiket pesawat, maupun tiket kereta api di beberapa merchant online yang sudah bekerja sama dengan Kredivo. Untuk pemesanan tiket pesawat, bahkan kamu bisa melakukan transaksi hanya melalui satu aplikasi Kredivo, tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya. Dengan cara ini, membeli tiket pesawat bisa jadi lebih mudah dan praktis.  

Bunga yang diberikan cukup rendah hanya 2,95% per bulan dengan tenor sangat fleksibel dari 3, 6 sampai dengan 12 bulan. Selain pembayaran dengan metode cicilan, Kredivo juga memberikan opsi bayar dalam 30 hari tanpa bunga.

Ikut open trip atau sharing cost

Berlibur dengan cara open trip maupun sharing cost memang sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan. Kegiatan open trip biasanya diinisiasi oleh biro perjalanan, dengan ajakan yang disebar pada khalayak umum untuk berlibur ke sebuah destinasi tertentu. Seluruh biaya akomodasi nantinya akan dibagi rata dengan para peserta lainnya.

Sedangkan sharing cost adalah konsep berbagi biaya yang dikeluarkan selama liburan dengan sekelompok orang yang memiliki tujuan perjalanan sama. Biasanya biaya yang dibagi merata adalah biaya yang terkait dengan biaya transportasi dan penginapan. Dengan memilih liburan menggunakan kedua metode tersebut, kamu bisa menekan banyak biaya banyak dibandingkan menanggungnya sendiri.

Bawa makanan kering untuk menekan bujet makan

Di peak season seperti ini, bukan hanya biaya penginapan dan transportasi saja yang melambung tinggi, melainkan juga biaya makanan. Untuk menghemat pengeluaran, ada baiknya jika kamu mengurangi intensitas makan di luar. Membawa makanan kering yang tahan lama seperti abon atau kentang kering bisa jadi ide yang brilian. Cukup membeli nasi atau karbohidrat lain!

Hindari beli oleh-oleh di tempat wisata

Sepulang jalan-jalan, tentunya kurang afdal jika tidak membawa oleh-oleh. Tapi demi memangkas anggaran, hindari membeli oleh-oleh di berbagai objek wisata karena harganya bisa jadi akan sangat mahal, terutama saat peak season seperti liburan akhir tahun.  Pergilah ke pusat oleh-oleh atau pasar tradisional yang tidak hanya ramai dikunjungi oleh turis, melainkan juga warga lokal.

Meskipun kamu mempersiapkannya secara mendadak dan dengan bujet yang terbatas, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Apalagi, kini ada Kredivo yang bisa memberimu kemudahan untuk mewujudkan liburan akhir tahun bersama keluarga dan sahabat tercinta. Sebelum harga tiket dan akomodasi semakin mahal, sebaiknya kamu lakukan pemesanan dari sekarang melalui Kredivo. Download aplikasi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store, dan rencanakan liburanmu sekarang juga!

Share this article