tips kelola THR - Kredivo

Langkah bijak dalam mengelola uang THR

Apa yang dimaksud dengan THR? THR (Tunjangan Hari Raya) atau kadang disebut gaji ke-13 adalah bonus tahunan yang berhak diterima setiap karyawan yang sudah memasuki masa kerja minimal 1 bulan. Peraturan ini telah ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan No. 6/2016. Jumlah maksimum THR adalah sebesar satu bulan gaji.

Meningkatnya kebutuhan di bulan Ramadhan dan hari Lebaran dibandingkan bulan-bulan lainnya, menjadikan uang THR menjadi sangat ditunggu-tunggu. Kamu semua pasti sudah merencanakan akan membeli barang-barang yang sudah lama diinginkan seperti pakaian baru, gadget, mebel dan lain-lain. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu bisa mengelola bonus tahunan tersebut sehingga tidak habis begitu saja.

Lalu bagaimana langkah bijak dalam mengelola THR? Ada strategi-strategi yang bisa kamu terapkan agar bisa menfaatkan THR sebaik mungkin.

Tentukan prioritas

Fungsi utama dari uang THR adalah untuk membayar semua kebutuhanmu menjelang Lebaran. Jadi, siapkan anggaran untuk membeli tiket pulang kampung, membeli baju baru, membayar THR asisten rumah tangga, membayar zakat dan lain-lainnya. Namun pastikan kamu tidak menghabiskan seluruhnya untuk membayar kebutuhan Lebaran.

Pisahkan juga uang THR dengan gaji bulanan kamu. Gaji bulanan digunakan untuk rutinitas seperti biasa dan THR untuk keperluan darurat menjelang Lebaran.

Lunasi hutang yang akan jatuh tempo

Cek kembali hutang-hutang yang akan dan telah jatuh tempo. Sisihkan sebagian uang THR untuk melunasi hutang tersebut. Manfaatkan kesempatan selagi memiliki dana tambahan untuk meringankan beban finansial-mu. Hutang yang dibiarkan hanya akan menumpuk dan menjadi beban yang berlipat di kemudian hari loh.

Sisihkan sebagian untuk menabung

Walaupun bulan Ramadhan dan hari Lebaran waktunya menikmati liburan dan kumpul bersama orang tercinta, bukan berarti kamu jadi boros. Kamu harus tetap menyisihkan sedikit dari uang THR untuk ditabung dan sebagai dana darurat, sama seperti bulan-bulan sebelumnya.

Berbagi dengan sesama

Baca Juga:  Memperingati Hari Pahlawan, Yuk Kenalan dengan 4 Pahlawan Keuangan Indonesia

Berbagi kebahagiaan, selain menambah amal ibadahmu, akan membuat kamu berbahagia juga. Sebaiknya sedikit dari uang THR kamu dibagikan juga kepada orang yang membutuhkan disekitarmu. Bisa dengan cara membeli makanan berbuka puasa atau memberikan sedekah secara langsung maupun melalui penyalur zakat. Ingat rezeki itu titipan lho, jadi alangkah baiknya jika dapat bermanfaat bukan hanya untukmu, tapi juga untuk orang  lain.

Mengatur alokasi uang THR memang penting banget. Lebih baik lagi kalau kamu sudah mulai mengatur anggaran Hari Lebaran di bulan-bulan sebelumnya agar perencanaanmu lebih rapi. Jika ternyata pengeluaran bulan ini lebih dari jumlah THR yang diterima, sepertinya kamu harus mengevaluasi keuanganmu lagi nih. Semoga kamu semua berhasil mengatur THR dengan bijak ya, Kredipal 🙂

Mau lebih untung belanja perlengkapan Lebaran lebih untung? Daftar Kredivo sekarang, dan rasakan keuntungannya!

 

 

 

 

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *