Habis Dalgona, Sekarang Croffle jadi Primadona, Sudah Coba Belum?

Industry F&B memang tidak ada habisnya, kalau ada beberapa jenis kuliner yang meredup, pasti ada saja yang bersinar, meski di tengah pandemi sekalipun. Tahun lalu, ketika awal pandemi Covid-19 menerpa Indonesia, banyak orang yang sibuk mengaduk dalgona, namun kali ini croffle menjadi primadona.

Sejatinya croffle adalah gabungan dari dough croissant yang dimasak dan dihidangkan dengan perlakuan sebagai waffle. Layaknya tren pada umumnya, orang-orang berbondong-bondong ingin sekali mencoba dan membagikan pengalamannya di sosial media. 

Usut punya usut, croffle mulai populer sejak Kang Minkyung, seorang penyanyi asal Korea Selatan memperkenalkannya di channel YouTube pribadinya. Setelah itu, camilan ini dengan segera menjadi tren di kalangan anak muda Korea Selatan, dan bisa kamu bikin sendiri di rumah dengan mudah.

Cara Bisa Bikin Croffle di Rumah

Membuat croffle rumahan juga bisa jadi kegiatan seru yang bisa mengisi kegabutan kamu di rumah saja selama PPKM ini. Caranya cukup mudah, tetapi kamu harus membeli cetakan waffle-nya terlebih dahulu. Alat ini banyak tersedia di marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lain sebagainya, yang sudah bekerja sama dengan Kredivo.

Setelah mempunyai cetakan waffle, untuk membuat croffle di rumah, kamu tinggal ikut langkah-langkah berikut:

  • Siapkan kulit pastry siap pakai.
  • Potong lembaran kulit pastry menjadi bentuk segitiga, pastikan suhunya masih dingin agar tekstur tetap padat.
  • Gulung kulit pastry dari bagian yang lebar hingga bagian yang kecil, membentuk croissant.
  • Taburi dengan gula, mentega, atau varian rasa lain, seperti coklat, atau bubuk kayu manis.
  • Panaskan cetakan waffle, oleskan butter pada cetakan hingga merata.
  • Letakkan croissant pada cetakan, panggang hingga kecokelatan. 

Selesai! Gampang bangetkan, membuat croffle rumahan? Namun, kamu juga patut mencoba croffle buatan toko kopi dan kue yang bisa menyajikan camilan ini lebih nikmat dibandingkan rumahan, karena mereka membuat kulit pastry sendiri, atau dengan bahan-bahan yang lebih premium lagi.

Baca Juga:  Rayakan Idul Adha di Tengah Pandemi dengan Cara Sehat Memakan Olahan Daging

Deretan 5 Tempat Makan Croffle Terenak di Jakarta

Teruntuk kamu yang ingin mencicipi cita rasa manis dan gurih croffle yang dibuat oleh toko kopi atau toko kue terbaik di Jakarta. Ada beberapa toko yang bisa kamu dapatkan melalui Tokopedia, lho! Jadi, kamu bisa membeli camilan ini pakai paylater dari Kredivo. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut rekomendasi dari Kredimin:

1. Social Affair

Ini dia bakehouse pertama yang menjadi pelopor croffle di Jakarta. Memiliki 3 cabang yang tersebar di PIK Avenue, Cilandak Townsquare, dan Mall Kelapa Gading, menghadirkan berbagai rasa croffle yang unik, mulai dari original, cinnamon sugar, dan salted caramel, hingga klepon, lotus biscoff, dan red velvet.

Kamu bisa mendapatkan croffle ini dengan menggunakan paylater dari Kredivo melalui Tokopedia dengan harga mulai dari Rp165 ribu per 6 pcs. 

2. Baker Man

Sempat viral dari sosial media, apalagi toko ini berada di Astha District 8, SCBD yang sedang banyak dibicarakan pada awal tahun 2021, Baker Man langsung diserbu oleh banyak orang, sehingga tidak sedikit orang yang rela mengantri berjam-jam untuk mendapatkan camilan ini.

Mulai dari harga Rp25 ribu, kamu bisa mencicipi berbagai varian atau rasa croffle, mulai dari biscoff lotus, cinnamon sugar, maple, salted caramel, hingga peanut butter & jelly.

3. Don Bakeshop

Bakeshop yang terletak di ITC Kuningan ini berhasil membuat banyak orang jatuh hati dengan suguhan croffle dengan rasa chocolate fudge, salted caramel, cream cheese, frosting, lotus biscoff, nutella dan matcha.

Jika kamu mencari croffle di Tokopedia, pasti Don Bakeshop menjadi pilihan paling atas dengan penjualan yang sangat banyak, hingga 1,1 ribu orang. Dengan harga Rp85 ribu per 4 pcs, croffle bikinan Don Bakeshop wajib kamu coba.

Baca Juga:  Bisnis Masker Menjamur dan Harga Melonjak Ketika Gempar Virus Corona, Bisnis yang Baik atau Tidak Ya?

4. Dear Butter

Dear Butter menghadirkan croffle lezat berukuran kecil yang menawarkan dua opsi tingkat kemanisan, sehingga kamu bisa sesuaikan dengan selera masing-masing, yaitu less sugar dan normal sugar

Toko yang sudah tersebar di Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Pekanbaru, dan Jambi ini mematok harga mulai dari Rp27 ribu per 3 pcs. Selain itu ada 5 pilihan topping, seperti almond maple, choco crunch, strawberry jam, blueberry cream cheese, dan strawberry cream cheese.

5. Tjemilan oleh Kopi Soe

Sebagai toko kopi yang sudah memiliki banyak sekali outlet di Indonesia, Kopi Soe tidak mau kalah bersaing untuk menghadirkan croffle untuk teman minum kopi, dengan harga mulai dari Rp28 ribu dengan berbagai varian rasa manis yang unik, antara lain kayu manis, coklat kacang, srikaya, dan boba.

Share this article