mudik gratis _ kredivo

Numpang Hingga Ikut Program Mudik Gratis, Ini 5 Cara Pintar Mudik Murah

Tak terasa, bulan Ramadan akan  dimulai dalam waktu dekat. Bicara soal bulan Ramadan, tentu ga terlepas dari kegiatan mudik Lebaran yang sudah menjadi tradisi turun temurun yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia sejak lama. Meski Lebaran masih dua bulan lagi, banyak orang yang sudah merencanakan mudik Lebaran dari jauh-jauh hari, bahkan sebelum bulan Ramadan dimulai.

Buat kamu yang berencana untuk menggunakan kendaraan umum saat mudik tapi belum memesan tiket, siap-siap kaget dengan harga yang melambung tinggi. Jangan heran melihat harga tiket yang melonjak, mengingat permintaannya pun besar. Tapi bukan berarti keinginanmu untuk mudik sirna begitu saja hanya karena perkara harga. Ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari cari tumpangan hingga beli tiket dengan cicilan tanpa kartu kredit. Penasaran? Simak 5 tips dari kami berikut ini!

 

Cari tumpangan

Mencari tumpangan mudik bisa jadi salah satu solusi ketika tiket yang diincar habis ataupun harganya terlampau mahal. Ga perlu menumpang dengan keluarga atau kerabat, bahkan dengan mengandalkan teknologi, kini kamu bisa menumpang dengan orang yang tidak dikenal sekalipun. Sebab saat ini terdapat beberapa komunitas bagi yang mencari tumpangan maupun yang memberi tumpangan sebagai teman perjalanan untuk berbagi tempat duduk, biaya bensin, atau sekadar menemani sepanjang perjalanan seperti Nebeng.com, Nebengers, atau TemanJalan.

Awalnya komunitas-komunitas tersebut memfasilitasi tebengan untuk pergi ke kantor dan kampus. Namun kini, mereka juga memfasilitasi kamu yang mau mendapat teman mudik ke kampung halaman. Biasanya pihak yang memberi tumpangan lah yang akan menentukan biaya yang harus kamu bayar dan persyaratan lain seperti patungan bahan bakar, pengeluaran tarif tol, dan lainnya. Untuk perjalanan mudik, ga jarang si pemberi tumpangan hanya minta bayaran dengan gantian menyetir. Lumayan, kan?

 

Baca Juga:  6 Hal yang Nggak Pernah Dilakukan Perempuan Sukses

Ikut program mudik gratis

Hampir setiap tahun program mudik gratis diadakan oleh beberapa pihak. Di tahun 2018 ini, Kementerian Perhubungan memberi kuota mudik gratis untuk penumpang sebanyak 87.250 orang dan untuk motor sebanyak 39.446 unit. Moda transportasi yang diberikan oleh Kemenhub juga beragam, yaitu bus, kereta, dan kapal.

Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti program mudik gratis dari Kemenhub, ada dua cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa datang langsung ke kantor pusat Kemenhub Jakarta, Dinas Perhubungan (Dishub) Bogor, Dishub Depok, Dishub Kabupaten Tangerang, atau Dishub Kabupaten Bekasi. Kamu juga bisa mendaftar secara online melalui situs resmi Departemen Perhubungan. Untuk mendaftar mudik gratis sebagai penumpang, kamu membutuhkan dokumen berupa KTP dan KK. Sedangkan untuk mendaftarkan motor, kamu membutuhkan dokumen tambahan berupa STNK dan SIM.

 

Modifikasi rute mudik

Seperti kata pepatah “Banyak jalan menuju Roma”, begitu pula yang harus kamu terapkan dalam merencanakan perjalanan mudik. Jangan hanya terpaku pada satu rute, carilah jalan lain yang akan mengantarmu ke tujuan. Misalnya kamu berniat untuk mudik ke Palembang dari Jakarta menggunakan pesawat, namun jurusan langsung harga Jakarta – Palembang dua kali lipat dari harga normal.

Maka kamu bisa siasati dengan membeli tiket Jakarta – Lampung dan lanjut dengan rute darat menuju Palembang. Kalau mau lebih murah lagi, kamu bisa gunakan moda transportasi kapal untuk menuju Lampung. Memang cara ini cukup ribet dan memakan waktu. Tapi demi mewujudkan rencana mudik, memodifikasi rute bisa jadi salah satu solusi yang bisa kamu pertimbangkan.

 

Pilih tanggal keberangkatan jauh sebelum atau setelah Lebaran

Menurut prediksi, Lebaran tahun ini akan jatuh di tanggal 15 – 16 Juni 2018. Pemerintah menetapkan cuti bersama mulai 13 hingga 19 Juni 2018. Kemungkinan besar banyak orang yang memilih tanggal keberangkatan mudik ketika cuti bersama dimulai dan tanggal kepulangan saat cuti bersama akan berakhir.

Dengan demikian, harga tiket bisa mencapai puncaknya di tanggal-tanggal tersebut. Untuk mendapatkan harga lebih murah, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih tanggal keberangkatan sepekan sebelum Lebaran berlangsung, atau justru sepekan setelah Lebaran berlangsung. Begitu juga dengan tanggal kepulangan, kamu bisa memilih tanggal dimana orang-orang masih berada di kampung halaman atau setelah mereka kembali ke kota asal.

 

Baca Juga:  Wajib Tahu! Ini Keuntungan Transaksi Non-Tunai dan Jenis-Jenis Kartu yang Bikin Hidup Lebih Praktis

Beli tiket dengan cicilan tanpa kartu kredit

Meski harga tiket mudik melonjak, masih banyak orang yang rela merogoh kocek besar untuk bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman. Tentu ini bukan hal yang salah, apalagi momen Lebaran hanya setahun sekali. Supaya dana kebutuhan mudikmu ga membengkak dan dana THR ga langsung ludes begitu saja karena biaya transportasi, manfaatkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit seperti yang diberikan oleh Kredivo.

Dengan opsi bayar tunai dalam 30 hari dengan bunga 0%, dan cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga rendah yaitu 2,95%, cash flow-mu ga akan terganggu. Apalagi Kredivo sudah bekerja sama dengan lebih dari  160 merchant terpecaya di Indonesia, termasuk online travel agent kredibel seperti Panorama JTB, InstanTicket.com, Mister Aladin, dan masih banyak lagi.

Ingat, kamu masih harus mengeluarkan biaya sehari-hari di kampung halaman, memberi THR ke saudara yang belum bekerja, hingga membeli oleh-oleh! Dibandingkan dengan membeli tiket transportasi secara tunai, mencicil tiket transportasi dengan cicilan tanpa kartu kredit di Kredivo bisa membuat dana yang kamu miliki dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

 

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *