5 Tips Gaji Awet Hingga Akhir Bulan, Salah Satunya dengan Kredit!

Akhir bulan tiba, apa yang muncul di kepala? Pusing karena uang di rekening bank tinggal sedikit, atau bahkan kamu sedang memutar otak untuk mendapat pinjaman karena gaji bulanan habis tak bersisa? Mungkin kamu sering berpikir, untuk apa saja gaji tersebut dihabiskan sampai-sampai kamu kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan dalam beberapa waktu ke depan. Padahal gaji yang kamu dapatkan sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup hingga akhir bulan.

Mungkin kamu memiliki kebiasaan buruk dalam belanja yang membuat dirimu menghambur-hamburkan uang. Tentunya, hal tersebut harus segera ditinggalkan. Lihat saja contoh sederhananya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dimiliki Indonesia. Rumus yang digunakan adalah pendapatan terus ditingkatkan dan anggaran belanja ditekan seminimal mungkin. Artinya, hal utama yang harus diperbaiki jika kamu masih kekurangan uang tiap akhir bulan adalah dengan mengubah gaya belanjamu. Berikut beberapa tips gaji awet dari Kredivo  yang bisa dipraktikkan supaya kamu nggak kekurangan uang lagi tiap akhir bulan.

     1. Sesuaikan gaya hidup dengan gajimu

shutterstock_446973616

Masih banyak orang menjalani gaya hidup yang tidak sesuai dengan kondisi keuangannya. Misalnya seorang karyawan bergaji UMR hobi nongkrong di kafe mewah setiap hari dan beli barang bermerek setiap bulan. Besar pasak daripada tiang kan? Pada akhirnya, gaji UMR tersebut tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang lebih penting. Bergayalah sesuai isi kantong, jangan sampai mengorbankan diri sendiri demi gengsi dan jadi korban BPJS alias “Bujet Pas-Pasan Jiwa Sosialita”.

     2. Dahulukan kebutuhan, sampingkan keinginan

shutterstock_696222304-1

Kebutuhan dan keinginan tentu dua hal yang sangat berbeda, namun nggak sedikit yang terperangkap dengan keinginan dan justru melewatkan kebutuhan. Pahami dulu seberapa butuh kamu dengan barang yang mau dibeli. Jika masih ada yang lain dan masih layak, artinya barang tersebut hanya keinginan semata. Nomorsatukan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dalam daftar belanjaan.

Setelah poin-poin kebutuhan terpenuhi, kamu bisa beralih ke pos keinginan. Kamu bisa mulai dari mendahulukan bahan-bahan makanan dalam daftar belanjaan. Tak perlu beli baju baru atau buku baru. Gunakan kreativitasmu untuk mix & match baju-baju yang dimiliki. Lihat kembali koleksi buku-mu, apakah sudah terbaca habis seluruhnya? Jika penghasilanmu bersisa, tak ada salahnya untuk memenuhi keinginan tersebut.

      3. Manfaatkan fasilitas kredit

Baca Juga:  5 Filosofi Hidup Orang Batak yang Jadi Kunci Sukses untuk Kaya

shutterstock_746773891

Seringkali kita dihadapkan pada situasi yang membutuhkan dana besar secara mendesak. Misalnya kamu adalah seorang desainer grafis dan baru saja kehilangan laptop. Untuk menunjang pekerjaan, maka mau tak mau kamu harus membeli sebuah laptop baru.  Tentunya hal seperti ini akan mengganggu keuanganmu, apalagi jika barang yang dibeli membutuhkan bujet besar seperti pada kasus di atas.

Apabila terjadi hal seperti ini, kamu bisa memanfaatkan fasilitas “bayar dalam 30 hari” tanpa bunga atau “Cicilan” dengan bunga rendah 2,95% dari Kredivo. Dengan limit kredit hingga Rp 30 juta, kamu bisa membeli beberapa barang kebutuhan sekaligus. Menariknya lagi, kamu tidak perlu membayar uang muka, biaya admin, dan biaya tambahan apa pun. Hanya harga produk dan ongkos kirim, sehingga dana yang dimiliki bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

    4. Bandingkan harga barang

shutterstock_218994007

Saat berbelanja, seringkali orang nggak memikirkan harga jika barang yang diincar sudah ada di depan mata. Padahal, membandingkan harga barang di sejumlah toko penting dilakukan untuk mendapat harga terbaik. Malas membandingkan harga bisa membuat kamu terjerumus dan menyesal karena membeli barang yang terlampau mahal.  Alhasil, uangmu pun habis untuk barang yang seharusnya bisa didapatkan dengan lebih murah.

Apalagi di zaman serba canggih ini, kamu bisa mengecek segala hal melalui internet, termasuk membandingkan harga barang. Ditambah saat ini banyak terdapat situs pembanding harga e-commerce seperti Priceza, Telunjuk, atau Pricebook. Kamu nggak usah repot-repot membuka berbagai situs sekaligus kalau mau belanja online, tinggal ketik barang yang mau dibeli dan situs tersebut akan menunjukkan perbandingan harga dari berbagai situs e-commerce, kemudian kamu tinggal memilih barang dengan harga dan penawaran terbaik.

    5. Lakukan pencatatan keuangan

Baca Juga:  Asuransi Perjalanan, Perlu atau Tidak? Kenali Dulu Fakta-Faktanya Berikut ini

shutterstock_786948208

Saking seringnya mengeluarkan uang, kamu akan lupa untuk memonitor kemana saja uang dihabiskan. Padahal dengan mencatat pengeluaran sehari-hari, kamu bisa tahu kebiasaan belanja yang sering dilakukan dan memprediksikan apa saja pengeluaran yang bisa ditekan. Supaya lebih mudah lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi Kredivo ketika belanja online.

Selain membantumu mengatur cash flow, Kredivo juga membuatmu lebih mudah saat mengatur dan mengontrol pengeluaran belanja setiap bulan hanya lewat satu aplikasi. Kamu bisa berbelanja di beberapa toko online sekaligus dalam beberapa kesempatan yang berbeda, kemudian mengakumulasikan pembayaran semua tagihan sebelum jatuh tempo ke akun virtual Kredivo. Nggak ada lagi deh kebingungan uang pergi kemana!

Setiap orang memiliki gaya belanjanya masing-masing. Pada akhirnya hanya kamu seorang lah yang tahu kapan harus mengubah gaya belanjamu. Jika kamu memang bertekad untuk mengendalikan pengeluaran, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips gaji awet di atas. Selamat mencoba dan selamat menikmati sisa gaji bulananmu!

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *